Pemkab Bintan Usulkan Bukit Kerang

0
1006
SEPI PENGUNJUNG: Kawasan situs sejarah bukit kerang di Kawal, Kecamatan Gunung Kijang sepi pengunjung. Situs ini diusulkan sebagai cagar budaya nasional. F-ADLY HANANI/TANJUNGPINANG POS

Jadi Cagar Budaya Nasional

BINTAN – SITUS sejarah bukit batu kerang, di Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan diusulkan sebagai cagar budaya nasional. Upaya ini telah diusulkan ke pemerintah pusat melalui Pemprov Kepri.

Makhfur Surachman, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpura) Bintan mengatakan, tiga situs sejarah Bintan yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya Kabupaten Bintan adalah rumah adat Melayu, dapur arang dan bukit kerang. Situs Bukit Kerang yang pernah diteliti tim arkeolog ini, memiliki nilai sejarah dan unik.

Baca Juga :  Kondisi Sehat, Stok Ayam di Bintan Mencukupi

”Bukit batu kerang ini hanya ada 2 di Indonesia. 1 di Aceh dan 1 di Bintan. Kalau yang di Aceh sudah rusak, terkena tsunami beberapa tahun lalu. Tinggal lah yang ada di Bintan, yang masih utuh. Ini yang diusulkan sebagai cagar budaya nasional,” katanya, Minggu (15/10).

Dikatakannya, dengan keunikan dan kelangkaan situs sejarah bukit batu kerang ini, sudah selayaknya dijadikan sebagai cagar budaya nasional. Tentunya, pengusulan mesti mengikuti prosedur, dan penelitian yang akan dilakukan oleh ahli sejarah.

”Kalau sudah jadi cagar budaya nasional, bukit batu kerang ini tak hanya mendapatkan fasilitas penataan yang lebih baik. Namun akan membangkitkan wisata di wilayah Timur Bintan dan sepajang pantai Trikora,” jelasnya.

Baca Juga :  Bupati Bintan Tunggu Singapura dan Malaysia

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya kini sedang mengajukan ke tingkat provinsi. Setelah ditetapkan oleh provinsi, maka selanjutnya akan diajukan ke tingkat nasional.(JENDARAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here