Pemkab Didesak Buat Perda KBR

0
233
SMP Negeri 2 Tebing, Karimun salah satu sekolah yang menerapkan kawasan tanpa rokok dan Pemerintah Kabupaten Karimun diminta segera membuat Perda Kawasan Bebas Rokok di tempat keramaian umum. f-alrion/TANJUNGPINANG POS

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun diminta segera menetapkan Kawasan Bebas Rokok (KBR) di Karimun. Penetapan KBR tersebut, harus diperkuat dengan Peraturan Daerah (Perda) Tentang KBR.

KARIMUN – ”Seharusnya, Pemerintah Kabupaten Karimun segera membuat Perda tentang KBR. Untuk memperkuat Peraturan Bupati tentang kawasan bebas rokok, jika ada yang melanggar. Dapat dikenai sanksi denda, sesuai dengan besaran yang ditetapkan,” kata Isa, seorang ibu rumah tangga di Karimun, Senin (12/11).

Menurut dia, tidak sedikit orang tua yang merasa terganggu ditempat umum ketika membawa anaknya masih berusia di bawah 5 tahun jika ada orang yang merokok.

Selain itu, perokok tersebut tanpa memperdulikan anak-anak yang bermain di dekatnya. Ironisnya, si perokok malah bermain dengan anaknya.

Untuk saat ini, di Karimun pemberitahuan kawasan tanpa rokok baru sebatas di kantor pemerintahan, sekolah, tempat layanan umum.

Sementara beberapa tempat keramaian seperti kawasan Coastal Area, Taman Bersih dan fasilitas umum milik pemerintah lainnya belum ada.

Termasuk, adanya larangan merokok di dalam angkutan umum harus diterapkan. Sebab, tidak sedikit juga penumpang yang terganggu ketika penumpang lain atau sopir angkutan umum merokok saat mengemudi.

Sebelum diterapkan, perda disosialisasikan pada masyarakat. Mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan dan melibatkan tokoh agama agar diimbau melalui tempat ibadah untuk kebaikan bersama.

”Jika diterapkan, pemerintah dapat menyediakan tempat atau area khusus merokok. Tetapi, semua pihak harus mematuhi aturan tersebut termasuk pihak yang mengesahkan Ranperda tersebut menjadi Perda” harap Isa.

Isa menambahkan, dengan diterapkannya Perda KBR nanti. Tentunya akan semakin menyadarkan perokok agar lebih memperhatikan kawasan yang boleh untuk menghisap rokok.

Sehingga, orang yang tidak merokok tentunya tidak akan terganggu oleh asap yang dikeluarkan oleh perokok. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here