Pemkab Diminta Ambil Alih Saham PT OKBS

0
498
AKTIVITAS di Pelabuhan Parit Rempak, Meral, Karimun menjadi salah satu sumber pendapatan yang dikelola Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Karimun yang menjadi penyumbang pendapatan terbesar dari 4 BUMD Karimun.F-ISTIMWA

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun diminta mengambil alih 25 persen saham dari pemilik modal di PT Ology Karimun Bumi Sukses (OKBS).

KARIMUN – Pengambil alihan saham itu untuk menambah penguasaan saham di perusahaan yang bergerak di bidang usaha SPBU tersebut.

”Jika ada kesempatan mengambil alih saham 25 persen, maka sebaiknya segera dilaksanakan oleh pemerintah. Sehingga, saham Pemkab Karimun melalui Perusda Karimun di perusahaan tersebut menjadi 76 persen jika memungkinkan mengambil alih keseluruhan saham tersebut,” kata Anggota DPRD Karimun, Ady Hermawan, kemarin.

Baca Juga :  Dishub Karimun Mulai Cek Kir Angkutan Kota

PT OKBS adalah gabungan 3 pihak yang bergerak di bidang usaha SPBU. Semakin banyak saham milik pemerintah, maka akan semakin baik dan meningkatkan penerimaan Perusda dari usaha SPBU.

Di tempat terpisah, Dirut Perusda Karimun Devanam Syam perwakilan Pemerintah Kabupaten Karimun di PT OKBS berharap, saham 25 persen milik pemodal lain dapat diambil alih oleh Pemerintah Kabupaten Karimun.

Sehingga, ke depannya akan menambah pendapatan Perusda Karimun yang berupaya meningkatkan penerimaan dari usaha yang ada dari Pasar dan SPBU. Diketahui, BUMD Karimun ada 4 yaitu BUP, Perusda, PT Tirta Karimun dan BPR.

Baca Juga :  Isak Tangis Sambut Jamaah Haji

Dari keseluruhannya, dua yang memberikan pendapatan setelah hasil audit independen serta mencatatkan laba bersih dan menyetorkan pendapatan ke kas daerah sebesar Rp3,5 miliar.

Sementara Perusda Karimun masih kisaran ratusan juta. Kalau PT Tirta Karimun belum mampu menyetorkan pendapatan, sama halnya dengan BPR Karimun dalam kondisi baru sehat.

Prestasi itu pernah diungkapkan usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di rumah dinas kediaman Bupati Karimun, Selasa (10/7) bulan lalu. Rapat itu digelar pihak pemerintah dan BUMD, untuk melaksanan RUPS untuk mengetahui pendapatan setiap tahunnya. Rafiq meminta, BUMD bersinergi dorong peningkatan pendapatan. (ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here