Pemkab Hibahkan Lahan Pembangunan BTS

0
630
Ngesti Yuni Suprapti

NATUNA – WAKIL Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti bersama OPD dan DPRD telah meninjauan lokasi lahan hibah untuk pembangunan tower Base Transceiver Station (BTS) seluler di Pulau Midai, Sabtu (4/11).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna tahun ini, telah menghibahkan penggunaan lahan untuk dibangunnya tower BTS operator seluler di wilayah yang tidak terjangkau layanan telepon seluler.

Ngesti mengungkapkan, lahan yang dihibahkan pemerintah daerah untuk mempercepat peningkatan layanan telepon seluler di wilayah blank spot. ”Mudah-mudahan tahun ini pemasangan towernya direalisasikan. Karena lahannya sudah tersedia untuk dihibahkan,” harap Ngesti.

Baca Juga :  Jerman Kepincut Agro Maritim Natuna

Kepala Dinas Kominfo Pemkab Natuna Raja Darmika mengatakan, pembangunan tower BTS merupakan kiprah dari Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi Indonesia (BP3TI) Kemeninfo.

”Sebenarnya ada 19 titik blank spot. Tapi baru tujuh lokasi yang disetujui dari hasil survei BP3TI. Namun, Pemkab Natuna tetap mengusulkan lima lokasi, dan tahun 2018 akan disetujui,” kata Darmika.

Tujuh lokasi yang akan dipasang tower BTS tahun ini adalah Desa Tanjung Pala lau laut, Air Kumpai Suak Midai, Tanjung Setelung Serasan, Serantas Pulau Tiga, Dusun Teluk Melam Tanjung Batang Pulau Tiga, Sabang Mawang Balai dan Desa Selading Pulau Tiga Barat.

Baca Juga :  Siapkan Rp 10 Miliar, Lanjutkan Jalan Lingkar

Program BP3TI ini jelas Darmika, untuk menerobos daerah yang tidak ekonomis bagi operator seluler. Sehingga, melalui program USO atau kewajiban pelayanan universal. Untuk itu, BP3TI membangun fasilitas seperti tower BTS dan Pemda menyediakan lahan. Sedangkan, untuk mengoperasikannya dilakukan lelang kepada pihak operator seluler.

”Segala kebutuhan anggaran dibiayai oleh BP3TI. Operator seluler hanya menjalankan layanan. Dan memang untuk memberikan layanan telekomunikasi di wilayah yang tidak ekonomis. Dan tidak memungkinkan dijangkau operator seluler secara komersil,” ujar Darmika.

Baca Juga :  Spesifikasi Pondasi Beton Proyek Museum Diragukan

Untuk saat ini, tujuh lokasi akan dibangun Tower BTS sudah tersedia. Pemerintah desa setempat sudah menyerahkan lahan hibahnya kepada pemerintah kabupaten. (HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here