Pemkab Kembangkan Potensi Pangan

0
108
Sri Hariningsih

Guna menciptakan ketahanan pangan yang memadai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna terus berupaya mengembangkan potensi pangan ke masyarakat. Hal ini bertujuan, untuk memantapkan ketersediaan pangan yang bersumber dari produksi dalam negeri sekaligus pengurangan jumlah penduduk rawan pangan.

NATUNA – ”Tahun 2019 nanti, kita tetap akan fokuskan beberapa kegiatan diantaranya Pengembangan Penganekaragaman Konsumsi Pangan dan Keamanan Pangan, serta Pengembangan Ketersediaan dan Penanganan Rawan Pangan. Kegiatan ini menjadi proritas, dalam mengembangkan potensi pangan sehingga jumlah penduduk rawan pangan bisa berkurang,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Natuna Ibu Sri Hariningsih, diruang kerjanya, Jumat (9/11) kemarin.

Sri mengungkapkan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengoordinasikan upaya memantapkan ketersediaan pangan yang bersumber dari produksi dalam negeri. Sekaligus, pengurangan jumlah penduduk rawan pangan.

Selain itu juga, kegiatan pengembangan penganekaragaman konsumsi pangan dan keamanan pangan pihaknya akan terus mensosialisasikan pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya lokal.

”Program kegiatan ini, kita masih melanjutkan yang sudah berjalan selama dua tahun belakang ini. Karena kegiatan ini sudah menjadi program nasional, yang perlu diterapkan disetiap kabupaten kota,” jelasnya.

Tambah Sri, pihaknya akan terus mensosialisasikan ke setiap wilayah di kabupaten Natuna yang memiliki dampak kerawanan pangan dengan meningkatkan pemantapan penganekaragaman konsumsi pangan dan keamanan pangan segar.

”Kita berharap agar pengembangan potensi pangan bisa terlaksana dengan baik dan bisa mengurangi kerawanan pangan,” harapnya.

Pada pemberitaan sebelumnya, SMK Pertanian di Bunguran Barat tengah siap menjajaki kerja sama pengolahan lahan persawahan dengan petani Desa Air Lengit, Kecamatan Bunguran Tengah. Langkah ini untuk meningkatkan produktivitasi lahan persawahan, dan mengembangkan sektor pertanian Natuna khususnya.

Kepala SMK Pertanian Bunguran Batubi yakni Subihi mengaku, kerjsama ini akan meliputi pematangan lahan, serta untuk pembenihan hingga sapamai pada waktu panen. (HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here