Pemkab Kuliahkan Anak Anambas

0
673
MAHASISWA SBTI saat melaksanakan praktik pastry di kampusnya, belum lama ini.f-istimewa

Majukan Sektor Wisata, Belajar di Kampus SBTI Bintan

Untuk memajukan sektor wisata di Anambas, Pemkab membiayai kuliah anak setempat di Kampus Sahid Bintan Tourism Instute (SBTI) Bintan. Setiap tahun akan dilakukan dengan menggandeng perusahaan migas di Anambas.

ANAMBAS – TAHUN ini, puluhan mahasiswa asal Anambas yang kuliah di SBTI sudah diwisuda. Masih ada mahasiswa Anambas lainnya yang masih kuliah di SBTI.

Anak-anak Anambas dikuliahkan di SBTI karena kampus ini menciptakan lulusan yang profesional dan banyak diterima bekerja di Indonesia termasuk di Asean.

Yayasan Bintan Resorts yang menaungi Kampus SBTI, terus membuktikan komitmennya dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) di Provinsi Kepri khususnya di bidang pariwisata atau perhotelan.

Kampus yang berkedudukan di Kawansan Pariwisata Internasional Lagoi, Kabupaten Bintan itu telah mewisuda mahasiswa-mahasiswi-nya sejak tahun 2010 silam.

Bentuk komitmen itu telah dibuktikan, bahwa lulusan SBTI siap kerja di kawasan Lagoi maupun di beberapa negara berkembang di kawasan Asean.

Baca Juga :  10 Mahasiswa UMRAH Ikuti Diklatsar

Salah satu wujudnya dilakukan PT Bintan Resorts Cakrawala (BRC) yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa-mahasiswi asli Kabupaten Bintan untuk dididik menjadi SDM pariwisata yang profesional setiap tahunnya. Hal itu diungkapkan Ketua Yayasan Bintan Resorts Ir Aditya Laksamana, Rabu (9/5) di Ballroom Hotel Bintan Lagoon Resorts.

Aditya mengatakan, mereka yang telah menempuh pendidikan di SBTI mendapatkan keterampilan secara langsung di lapangan selama 6 bulan. Sebelumnya, selama 6 bulan juga mereka dibekali ilmu teori di kelas. ”Mereka praktik di beberapa resorts kawasan Lagoi, dan beberapa dari mereka juga sudah ada yang bekerja,” kata Aditya.

Sebagai Kampus yang berada di kawasan wisata Lagoi, lanjut Aditya, pihaknya akan terus mengembangkan serta berevolusi dalam hal mencetak tenaga-tenaga profesional di bidang pariwisata khususnya perhotelan.

”Saya bangga anak-anak daerah yang dididik di SBTI telah menunjukkan perubahan yang luar biasa. Sebab, ia memperhatikan perkembangan anak-anak yang berasal dari daerah seperti Kabupaten Anambas kini terlihat mampu merubah penampilannya serta gaya bahasanya yang baik. Ia menegaskan, pihaknya tetap membekali mahasiswa-mahasiswi dengan ilmu Public Speaking,” terang Aditya.

Baca Juga :  Libatkan Warga dan Industri Hotel

Selain pentinya menguasai bahasa asing, namun penampilan dan cara berbicara khusunya untuk berkomunikasi dengan wisatawan perlu mendapatkan keterampilan. Untuk itu, SBTI dalam hal ini tetap berevolusi dalam hal mengembangkan ilmu perhotelan yang akan diberikan kepada mahasiswa-mahasiswi-nya sesuai perkembangan zaman.

”Dari awal masuk, anak-anak daerah kita bisa lihat penampilannya dan cara mereka mereka berkomunikasi. Setelah mereka mengeyam pendidikan di SBTI, mereka akan berubah total,” ungkapnya.

Selain PT BRC yang menaungi Yayasan Bintan Resorts memberikan beasiswa kepada anak Bintan Asli sebanyak 30 orang setiap tahunnya. Pihak Pemkab Kepulauan Anambas juga melakukan hal yang sama, seperti yang dilakukan PT BRC dengan memberikan beasiswa kepada anak asli Anambas untuk dididik menjadi tenga profesional di bidang perhotelan.

Baca Juga :  Perguruan Tinggi Dihimbau Ringankan Biaya Mahasiswa

Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP Naker dan Transmigrasi Kabupaten Kepulauan Anambas Yunizar yang menghadiri acara wisuda Rabu (9/5) lalu menyebutkan, 40 orang yang diwisuda kemarin ditanggung biayanya oleh Pemda Anambas sebanyak 30 orang.

Sementara sisanya, yakni 10 orang ditanggung oleh Perusahaan Migas Medco Energy melalui program CSR-nya. Angkatan kedua masih belajar sebanyak 30 mahasiswa, yang ditanggung oleh Pemda dan penambahan pihak lain seperti angkatan pertama belum ada.

”Sesuai target Pak Bupati dan Wakil Bupati Anambas sebanyak 100 orang yang akan dibiayai Pemda, sudah dilaksanakan saat ini ada 60 orang, 30 orang sudah wisuda, 30 orang masih belajar. Tahun berikutnya akan dilakukan perekrutan lagi. Nanti kita umumkan,” tutupnya.(ADLY BARA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here