Pemkab Lingga Mekarkan 10 Desa

0
82
Gandym Diyanto

LINGGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga mewacanakan pemekaran 12 desa yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Lingga. Saat ini, posting anggaran untuk melakukan pemekaran telah masuk dalam draf APBD-P 2018.

”Anggaran tersebut nantinya untuk kegiatan kajian akademis, atau kata lain sebagai uji kelayakan dulu. Pembentukan tunggu kajian kelayakan selesai. Nanti dari 12 itu, tidak menutup kemungkinan yang diterima tidak sampai 12 desa,” kata Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) di Setretariat Daerah (Setda) Lingga, Gandime Diyanto, Senin (27/8).

Dengan dilakukan pemekaran tersebut, diharapkan dapat memperpendek rentang kendali penyelenggaraan pemerintahan desa dan mensejahterakan masyarakat dengan pemerataan pembangunan.

”Tidak ada desa baru gagal membangun, kewajiban pemerintah untuk memberikan pendampingan nantinya,” ujarnya.

Sementara itu, untuk penetapan perangkat dan kepala desa baru belum bisa dipastikan. Sebab, di tahun 2018 ini masih dalam tahapan kajian kelayakan.

”Desa mana saja saya tidak hafal. Tapi ada 12 desa, itu dari Kecamatan Senayang, Lingga Utara, Singkep. Saat ini di Kabupaten Lingga yang terdiri dari 10 kecamatan ada 75 desa dan 7 kelurahan,” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here