Pemkab Minta Dukungan Sriwijaya Air

0
463
Abdul Haris SH

ANAMBAS – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Anambas menyurati maskapai penerbangan Sriwijaya Air, agar dapat landing di Bandara Letung. Pasalnya, Bandara Letung saat ini sudah dapat didarati oleh pesawat jenis ATR 72. Hal itu telah didukung dengan panjang runway, yang sudah mencapai 1.450 meter

Bupati Kabupaten Anambas Abdul Haris SH mengatakan, pihaknya telah mengirim surat permohonan kepada pihak Sriwijaya pada tanggal 13 November silam.

Surat tersebut berisikan, agar dapat membuka rute penerbangan baru Letung-Tanjungpinang.

”Bandara Letung saat ini sudah dilayani penerbangan perintis Susi Air. Namun, dengan mulai menggeliatnya pariwisata Anambas tentunya pihak maskapai Sriwijaya Air dapat lebih membantu dan mendukung akses, serta mobilisasi masyarakat maupun wisatawan,” kata Haris di ruangan kerjanya, Rabu (6/12).

Sebelum menyurati Sriwijaya Air, tambah Haris, sebelumnya Kasatpel Bandara Letung Ariadi Widyawan memang sudah berkomunikasi terlebih dahulu.

Selain itu, pihaknya pada tahun 2018 mendatang dipastikan akan memotong bukit di Desa Mampok Kecamatan Jemaja. Pemotongan bukti itu, untuk mempermulus landing dan take off pesawat terbang.

”Tahun 2018 kita menyiapkan anggaran sekitar Rp 1 miliar. Rinciannya, Rp 500 juta untuk pemotongan bukit dan sisanya Rp 500 juta untuk pembebasan runway bandara,” ungkapnya.

Haris menyebutkan, dana sebesar Rp 500 juta tersebut untuk pembebasan lahan lanjutan runway hingga sampai ke titik 1.750 meter.

”Saya sudah perintahkan Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup, untuk membuat tanda sampai dengan 2.500 meter. Karena target yang dicanangkan panjang runway Bandara Letung 2.500 meter,” terangnya.

Untuk pembebasan lahannya, sambung Haris, tidak ada masalah berikut pula dengan anggaran pembebasan lahannya. Namun, yang menjadi atensi adalah pembangunannya karena dari pusat.

”Target kita pada tahun 2019 pembebasan, lahan bandara seluruhnya dapat rampung,” tukasnya.

Pada kesempatan itu, Haris juga menyampaikan, bawa dalam waktu dekat pihaknya akan menyerahkan aset bandara Letung ke pemerintah pusat. ”Saat ini kita sedang menyiapkan data-data aset, yang nantinya akan diserahkan,” katanya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here