Pemkab Raih Penghargaan Paramesti dari Kemenkes RI

0
41
BUPATI Lingga H Alias Wello ketika menerima penghargaan Paramesti terkait Perda Kawasan Tanpa Rokok oleh Kemenkes RI. F-ISTIMEWA

LINGGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga raih penghargaan Paramesti, dari Kementrian Kesehatan RI karena telah mengeluarkan dan mengimplentasikan Peraturan Daerah (Perda) No.4 Tahun 2014 Tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Paramesti adalah sebuah bentuk komitmen dari Pemerintah Daerah, untuk melindungi semua orang dari bahaya asap rokok.

Salah satunya adalah dengan menerbitkan Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Rokok (Perda KTR).

”Perda KTR ini mengatur tentang perilaku merokok agar tidak dilakukan disembarang tempat. Sehingga paparan asap tidak berdampak terhadap kelompok rentan seperti anak, remaja dan ibu hamil,” kata kata Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kesehatan, Ahmad Mudlofir, kemarin.

Bupati Lingga, H Alias Wello menerima langsung penghargaan ini saat peuncak kegiatan Peringgatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia, di Auditorium Siwabessy, Gedung Prof. Sujudi Lantai 2, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kamis (11/7).

Larangan merokok di tempat umum yang telah dituangkan dalam Perda adalah, upaya mengurangi kecanduan merokok.

Perokok merupakan suatu kebiasaan, yang dapat merusak kesehatan perokok dan lingkungan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Sehingga diperlukan upaya pengendalian dampak rokok terhadap kesehatan.

”Adapun daerah yang termasuk KTR ini, meliputi fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat anak bermain, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja, tempat umum dan tempat lain yang ditetapkan sesuai dengan peraturan tersebut,” terang Ahmad.

Tidak sampai disitu, masyarakat berhak untuk mengadukan atau memberikan laporan terkait penerapan perda tersebut.

Apabila nantinya didapati orang perorangan, atau badan yang melanggar ketentuan yang terdapat dalam peraturan daerah nomor 4 tahun 2016.

”Siapapun yang melanggar Perda tersebut bisa mendapatkan sanksi” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here