Pemkab Salurkan Bantuan

0
623
Bencana di anambas.F indra gunawan

Sejumlah bantuan dari berbagai elemen masyarakat sudah terkumpul. Penggalangan bantuan ini dilakukan oleh tim Tagana Siantan dan Tim Relawan LenteraKhaki.

Bantuan berupa uang itu akan dibelikan sejumlah bahan sembako dan akan dibagikan kepada sejumlah korban banjir di Kecamatan Jemaja dan Kecamatan Jemaja Timur Kabupaten Kepulauan Anambas.

Uang yang dikumpulkan bagi korban banjir diberikan dari sejumlah masyarakat seperti ibu-ibu persatuan IKIAD (Ikatan Istri Anggota Dewan) untuk sementara ini sudah terkumpul sebesar Rp 8.500.000.

Sumbangan lain dari sejumlah donatur yang tidak bisa disebutkan namanya satu per satu dan sudah terkumpul sebesar Rp 9.345.000. Total uang terkumpul sebesar Rp 17. 845.000. Dalam hal ini pihaknya tidak bisa menyerahkan secara langsung kepada korban banjir dan mereka sudah berkoordinasi dengan Tim Tagana Jemaja agar dapat menyalurkan bantuan tersebut.

”Hari ini Tagana Jemaja akan menyerahkan bantuan dari hasil sumbangan para donatur bagi korban banjir yang berada di Desa Ulu Maras sebanyak 230 paket sembako,” kata Aprizal, Tim Relawan Tagana Jemaja ketika dihubungi, Minggu (14/1).

Baca Juga :  Pecahkan Rekor, 3.612 Orang Ikut Menari Gemu Famire

Menurutnya, uang yang ditransfer dari Tim relawan Siantan sudah dibelanjakan sejumlah bahan sembako dan dijadikan per paket.

Katanya, masing-masing paket sembako berisikan beras 2 kilogram, telur 5 butir, mie instans 5 bungkus, minyak goreng satu botol mineral ukuran sedang, gula pasir 1/2 kilogram, teh celup 1 kotak.

”Alhamdulillah sejumlah bantuan sudah dibungkus dan rencananya hari ini akan kita bagikan kepada korban banjir di Desa Ulu Maras Kecamatan Jemaja Timur. Meskipun tidak mencukupi kebutuhan, namun bisa memberi rasa aman terhadap korban banjir tentunya,” jelasnya.

Bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas direncanakan akan tiba di Jemaja dan Jemaja Timur pada hari ini. Oleh sebab itu pihaknya masih menerima sumbangan dari pihak manapun dan akan disalurkan kepada korban banjir dan tanah longsor lainnya.

Baca Juga :  Rukun Beragama, Kepri Raih Harmoni Award

”Kita siap menyalurkan bantuan yang diberikan kepada korban banjir dan tanah longsor. Semoga bantuan yang diberikan dari donatur bisa dimanfaatkan oleh korban banjir pastinya,” ungkapnya lagi.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar mengaku pemda sudah menyiapkan sejumlah bantuan bahan sembako, obat-obatan dan pakaian bagi korban banjir dan longsor.

Hari ini pihaknya telah perintahkan kepada Dinas Sosial untuk segera mendistribusikan bahan pangan ke dua kecamatan tersebut.

Katanya, musibah banjir dan longsor sudah ditetapkan menjadi tanggap darurat dan Pemda Anambas dan sudah membuat laporan secara tertulis kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kemarin.

Kondisi gelombang tinggi dan angin kencang disertai hujan membuat penyaluran bantuan menjadi terhambat. Ia juga berharap kepada seluruh masyarakat agar dapat saling bahu membahu untuk saling membantu saudara-saudara di dua kecamatan terkena musibah.

Baca Juga :  Desember, ISHD Kepri Ikuti Sumatera Bike Week

”Sudah saya perintahkan ke dinas terkait untuk segera menindaklanjuti terkait bantuan. Hal itu sesuai arahan dari Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas,” ungkapnya ketika dihubungi, kemarin.

Pemda juga akan menyediakan anggaran untuk pascamusibah itu dan tentu koordinasi dengan pihak Pemprov Kepri. Ia yakin akan banyak warga terserang penyakit pasca musibah dan pemda akan mempersiapkan tenaga medis kesehatan serta peralatan kesehatan dan obat-obatan yang dibutuhkan. Belum lagi akses jalan yang rusak dan kerugian lain yang dirasakan warga.

”Kita butuh anggaran pascamusibah dan kita harus siapkan anggaran untuk itu. Tentu kita sangat prihatin sekali dan diharapkan warga yang terkena musibah harus lebih banyak bersabar dan ikhlas,” tutupnya. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here