Pemkab Sedekahkan 17 Ekor Sapi

0
267
BUPATI Bintan H Apri Sujadi menyerahkan hewan kurban kepada pengurus masjid, usai salat Idul Adha, tahun lalu. F-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

BINTAN – PEMKAB Bintan akan bersedekah 17 ekor hewan kurban, pada saat lebaran Idul Adha, pekan depan. Hewan kurban ini merupakan bantuan sedekah dari Bupati H Apri Sujadi, Wabup H Dalmasri Syam dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bintan untuk masyarakat melalui pengurus masjid.

Kabag Kesra Setdakab Bintan Lukman menyampaikan, hewan kurban tersebut didapatkan dari kepala daerah dan beberapa pimpinan OPD. Rencananya, Idul Adha tahun ini, Pemkab Bintan akan memberikan hewan kurban sebanyak 17 ekor sapi.

”Hewan kurban ini dibagikan ke sejumlah masjid dan musala di Kabupaten Bintan,” ujar Lukman di Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Selasa (14/8) pagi kemarin.

Selain hewan kurban, Lukman mengungkapkan, Pemkab Bintan akan menggelar pawai takbir dan salat Idul Adha 1439 hijriah, di dua lokasi berbeda. Untuk pawai takbir menyambut Idul Adha 1439, dilaksanakan di Tanjunguban, Bintan Utara.

”Sedangkan salat Idul Adha berjemaah, dilaksnaakan di Kota Kijang, Bintan Timur,” sebutnya.

Sepekan menjelang Idul Adha, Dinas Pertanian Kabupaten Bintan terus melakukan pengawasan dan proses pemeriksaan kesehatan hewan layak kurban, di seluruh wilayah kecamatan Kabupaten Bintan. Hingga 10 Agustus lalu, ada sebanyak 478 ekor sapi dan 468 ekor kambing, yang siap untuk dijadikan hewan kurban, yang dinyatakan sehat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bintan Supriyono menegaskan, 946 ekor hewan kurban yang diperiksa, dalam kondisi sehat. Dari jumlah itu, di Kecamatan Bintan Utara ada 73 ekor sapi dan 45 ekor kambing, Kecamatan Bintan Timur ada 124 ekor sapi dan 71 ekor kambing, Kecamatan Teluk Sebong ada 84 ekor sapi dan 68 ekor kambing.

Kecamatan Teluk Bintan ada 42 ekor sapi dan 40 ekor kambing, Kecamatan Toapaya ada 104 ekor sapi dan 73 ekor kambing, Kecamatan Gunung Kijang ada 36 ekor sapi dan 115 ekor kambing serta Kecamatan Seri Koala Lobam ada 15 ekor sapi dan 56 ekor kambing. (YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here