Pemkab Siap Turunkan Atlet ke Porprov

0
275
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun memegang piala Popda di Lingga bulan Juli lalu. F-ISTIMEWA

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) siap menurunkan atlet untuk berpartisipasi pada perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepri tahun 2018 yang rencananya dilaksanakan Desember mendatang di Kota Tanjungpinang.

LINGGA – Hal ini dikatakan Kepala Disparpora Lingga Raja Fahrurrazi melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga (Pora) Safaruddin, kemarin.

”Kami sudah melakukan rapat koordinasi bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lingga, serta Pengcab persatuan olahraga tingkat kabupaten untuk mempersiapkan atlet,” kata Safarudin.

Rakor tersebut, kata Safar, dilakukan guna meningkatkan komitmen keikutsertaan Kabupaten Lingga pada ajang Porprov Kepri ke-IV tahun 2018 itu.

Meskipun, keikutsertaan Porprov kali ini dengan keterbatasan anggaran daerah.

”Kita harus bisa hadir, untuk itu diperlukan pengertian dan kebersamaan serta dukungan dari setiap pengurus cabang olahraga. Mau tidak mau kita harus siap, dan menggapai prestasi,” ucapnya.

Safar mengaku, dari 26 cabang yang akan dipertandingkan kemungkinan Kabupaten Lingga hanya mengirimkan atlet untuk mengikuti 17 cabang olahraga.

Pemilihan cabor itu pun dilakukan secara selektif, menyesuaikan dengan potensi bersaing pada pelaksaaan nanti.

”Kami tentunya ingin mengirimkan atlet sebanyak-banyaknya, namun karena menyesuaikan dengan kemampuan keuangan maka kami juga harus realistis dan selektif. Kami pilih mana cabor yang berpeluang,” ujarnya.

Lanjut dia, dalam rakor yang dilaksanakan secara sederhana itu juga membahas proses seleksi atlet disetiap cabor.

Sekaligus, juga menentukan target menang dari masing-masing cabor yang dipertandingkan tersebut.

”Kami sangat mengapresiasi KONI yang sejauh ini sangat membantu Pemkab dalam agenda-agenda olahraga di Kabupaten Lingga,” imbuhnya.

Menurutnya, Porprov merupakan tolak ukur bagi atlet, untuk mengukur prestasi atas mengikuti disiplin selama berlatih.

Pada bulan July lalu, perhelatan event Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kepri ke-VII di Kabupaten Lingga sukses digelar.

Dalam event ini, Pemkab Lingga sebagai tuan rumah memenuhi target dengan memperoleh 25 emas, 17 perak dan 33 perunggu.

Posisi ini berada dibawah perolehan Kota Batam sebagai juara umum dengan 35 emas, 25 perak dan 20 perunggu.(TENGKU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here