Pemkab Siapkan 22 Event Pariwisata

0
682
KITE SURFING: Turis asal Eropa dan Australia latihan kite surfing di Bintan Agro Beach Resort Km 36, pantai Trikora, menjelang tahun baru 2018 lalu. F-Yendi/TANJUNGPINANG POS

Kite Surfing dan Wind Surfing Digelar di Lagoi

BINTAN – Pemerintah Kabupaten Bintan menyiapkan 22 event pariwisata, selama tahun 2018 ini. Event itu belum termasuk penyambutan turis perdana di awal tahun, yang dilaksanakan di Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Senin (1/1) pagi lalu.

Dari 22 kegiatan pariwisata itu, delapan agend merupakan lomba sport tourism bertaraf internasional. Lomba ini sudah masuk dalam agenda cross border Kementerian Pariwisata RI, untuk tahun 2018.

22 event pariwisata yang akan digelar Pemkab Bintan bersama pihak swasta itu antara lain Jong Utara Race yang digelar di Desa Teluk Bakau, akhir Januari ini. Kemudian dilanjutkan dengan lomba Kite Surfing (selancar dengan parasut layang) dan Wind Surfing (selancar yang digerak dengan layar).

”Beberapa tahun lalu, kita pernah menggelar lomba kite surfing ini di pantai Trikora. Tahun 2018, lomba kite surfing digelar di kawasan pariwisata Lagoi. Dalam ajang ini, juga digelar kompetisi wind surfing,” jelas H Apri Sujadi, Bupati Bintan saat dihubungi via telepon, Selasa (2/1) kemarin.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan Luki Zaiman Prawira membenarkan, kite surfing & wind surfing competition ini dilaksanakan, tanggal 2 sampai dengan 4 Februari, bulan depan. Kemudian, 16 Februari akan digelar Chinese New Year Festival.

Pada Maret, dilaksanakan lomba balap sepeda internasional (Tour de Bintan), Festival Tari Bintan, Trekking Bintan Camteras, Festibal Band Underground. Pada bulan April, dilaksanakan Colour Run Kasmaran.

Event pariwisata lainnya yaitu EcoRun Mapur Island, Bintan Triathlon, Bintan Fishing Festival 2018, Bintan Marathon, Jong Selatan Race, IronMan Bintan, Festival Budaya Melayu di Seienam, Bintan Golf Challenge (Presiden Cup), Wonderful Sail to Bintan, festival layang-layang internasional, Bintan Golf Challenge, Batik Art Festival di Sun Resort, Bintan Moon dan pesta kembang api pada saat penyambutan Tahun Baru 2019.

”Kita berharap event ini bisa membangkitkan ekonomi masyarakat Bintan, dari jumlah kunjungan turis yang datang. Kemudian, PAD Bintan bisa naik serta mendapatkan manfaat positif lainnya,” jelas Luki Zaiman.

”Kalau rata-rata PAD yang didapatkan Rp 5 miliar dari setiap event internasional, bisa puluhan miliar yang kita terima dari semua event pada tahun 2018 ini. PAD ini di luar kunjungan wisata regulernya,” demikian disebutkan Luki Zaiman.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here