Pemkab Siapkan Pekerja untuk KEK

0
893
PRESIR PT BAI Santoni menjelaskan tentang KEK Galang Batang kepada Bupati Bintan H Apri Sujadi, dan Menteri Agraria, serta Kepala DPMPTSP-Naker Hasfarizal Handra, belum lama ini.f-istimewa

DPMPTSP-Naker Bintan Bikin Pelatihan Operator Gratis

BINTAN – PEMKAB Bintan akan menyiapkan dan menyalurkan pekerja ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, dan sejumlah perusahaan industri lainnya. Tahap awal ini, penyiapan pekerja ditujukan untuk bidang operator alat berat.

”Mungkin ada sekitar 5 ribuan pekerja yang diperlukan di KEK Galang Batang ini. 10 persen saja kita salurkan dari Pemkab Bintan, itu sudah lumayan. Nah, untuk pertama ini, kita siapkan pekerja operator alat berat, yang nantinya bisa disalurkan ke KEK Galang Batang,” kata H Apri Sujadi, Bupati Bintan, Selasa (30/1) lalu.

Baca Juga :  Pengawasan Dua Kawasan Pekerja Diperketat

”Penyiapan pekerja berkualifikasi ini, kita bikin pelatihan,” sambung H Apri Sujadi.

Pelatihan operator alat berat ini, kata bupati, akan dilaksanakan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja (Naker) Bintan. Tujuannya, untuk menyiapkan SDM yang berkualifikasi. Sehingga, lebih mudah disalurkan ke KEK Galang Batang, maupun perusahaan industri lainnya.

Selain upaya ini, lanjut H Apri Sujadi, untuk menciptakan lapangan kerja baru, dirinya telah menginstruksikan kepada seluruh desa, agar melaksanakan pembangunan desa dilakukan melalui swadaya masyarakat desa. Kegiatan yang disusun dalam APBDes, harus dikerjakan kelompok masyarakat dan merata. Sehingga, warga desa mendapatkan upah dari kegiatan-kegiatan pembangunan APBDes itu.

Baca Juga :  Bawa Kabur Motor, Residivis Tersengkur Masuk Got

”Ini upaya kita, untuk memberikan lapangan kerja dan mengetaskan kemiskinan di Bintan. Kami berharap, agar masyarakat antusias untuk mengikuti pelatihan operator, maupun berpartisipasi dari pembangunan desa,” jelas H Apri Sujadi.

Kepala DPMPTSP-Naker Bintan Hasfarizal mengatakan, pihaknya telah membuka pelatihan bagi operator pesawat angkat dan angkut seperti excavator/backhoe dan loader. Pelatihan ini ditujukan khusus bagi masyarakat Bintan. Pelatihan ditujukan kepada warga yang berusia 18 tahun sampai dengan 45 tahun.

”Pendaftaran bisa dikirimkan atau diantar ke Kantor DPMPTSP-Naker Bintan, di komplek Kantor Bupati Bintan, Bintan Buyu. Paling lambat berkas pendaftaran dikirim, tanggal 19 Februari 2018 nanti. Pelatihan ini gratis, tanpa dipungut biaya. Kemudian, peserta akan diberikan sertifikat,” jelas Hasfarizal Handra, Rabu (31/1) kemarin.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here