Pemkab Siapkan Rp 100 Juta untuk Bibit Hibrida

0
332
KETUA HKTI pusat Jendral (Purn) Moeldoko saat mengunjungi kebun buah di Tanah Putih, Kecamatan Singkep Barat, beberapa waktu lalu. F-ISTIMEWA

Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lingga, menyiapkan anggaran Rp 100 juta untuk pengadaan bibit kelapa hybrida tahun 2018.

LINGGA – Hal ini dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan di DPKP Lingga, Sufahmi, kemarin. ”Rencananya bibit kelapa hybrida itu akan ditanam di Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan,” sebutnya.

Ia menjelaskan, untuk tahun ini area yang disiapkan sebagai lokasi penanaman kelapa hybrida itu seluas 25 hektare (Ha). Namun, untuk lokasi belum dipastikan apakah hanya Desa Resang atau dialokasikan ke desa lain. ”Nanti kita akan lihat, apakah akan kita tanam di desa lainnya atau hanya Desa Resang,” katanya.

Ketika ditanya alasannya, mengapa pihaknya melakukan pengadaan bibit kelapa hybrida, sementara kelapa yang ada di Pulau Talas, Desa Tanjung Kelit, Kecamatan Senayang tidak terawat Sufahmi tidak berani berkomentar banyak. ”Saya baru dipromosi pada jabatan ini, jadi saya tidak bisa menjawabnya,” katanya.

Diketahui, untuk tahun 2018 ini DPKP Lingga menganggarkan dana sebesar Rp 93 juta untuk pengadaan bibit kelapa hybrida. Pengadaan bibit tersebut, sebelumnya juga pernah dilakukan di tahun 2017 lalu.

Sebelumnya, Bupati Lingga yang juga menjabat Ketua HKTI Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Alias Wello mengatakan, juga akan mengembangkan proyek percontohan perkebunan buah-buahan lokal yang dikembangkan Ketua Umum HKTI Jenderal (Purn) TNI Moeldoko.

Rencananya, pengembangan itu akan membutuhkan lahan seluas 50 hektare. Hal itu merupakan respon HKTI, atas permintaan Presiden RI Joko Widodo. Presiden inginkan, agar setiap daerah menyediakan lahan seluas 5 hingga 50 hektare untuk perkebunan buah lokal.

”Ini sudah kita laksanakan. Kebetulan, Ketua Umum HKTI bapak Moeldoko sangat mendukung program ini. Semua biaya, mulai dari penyiapan lahan sampai pengadaan bibit unggul dibantu beliau,” kata Awe sapaan akrab Alias Wello.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here