Pemkab Siapkan Rp 500 Juta untuk UKM

0
541
PEDAGANG: Pedagang di Pasar Baru Tarempa. Pemerintah siapkan Rp 500 juta untuk UKM. f-dokumen/tanjungpinang pos

ANAMBAS – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan telah menyediakan anggaran sebesar Rp 500 juta yang akan diperuntukan bagi para Usaha Kecil Menengah (UKM). Pendataan akan dilaksanakan secara langsung yang melalui koordinasi dari masing-masing kecamatan yang ada.

”Bagi UKM yang berkeinginan meminjam modal usaha ke pemda, mesti ikuti syarat dan mekanisme yang telah diatur oleh pemerintah dan mesti ada jaminannya juga,” ungkap Kepala Disperindag Anambas Usman kepada wartawan ketika dihubungi, Selasa (28/3).

Kata Usman, saat ini sejumlah UKM telah mengajukan permohonan pinjaman yang dibutuhkan, permohonan itu akan diproses setelah melalui mekanisme dan aturan yang ditentukan. Dana bergulir ini sifatnya bantuan, namun harus dikembalikan.

”Sesuai dengan berkas permohonan yang telah masuk, ada sekitar 5 berkas dan itu akan ditinjau kembali,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk dapat lebih tepat guna dan para peminjam itu memang benar sebagai pelaku usaha, selektif administrasi dan peninjauan langsung ke lokasi dimana tempat pelaku menjalankan usahanya hal itu harus dilakukan. Ia tidak ingin bantuan pinjaman dana bergulir ini diberikan tidak tepat sasaran.

”Selain berkoordinasi dengan pihak kecamatan, pihaknya juga akan melakukan survei kesetiap pemohon yang mengajukan pinjaman,” ujarnya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here