Pemkab Susun Materi Muatan Lokal

0
56
PENYUSUNAN materi muatan lokal yang telah dilakukan Disdik Lingga dengan mengundang tim ahli lokal, Disdik juga ahli dari luar daerah. F-ISTIMEWA

LINGGA – Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Lingga Muhammad Ishak memberikan apresiasi kepada Pemkab Lingga yang mulai melakukan langkah-langkah pnyusunan kurikulum muatan lokal.

Dalam penyusunan materi muatan lokal ini, berisi penekanan pada adat dan budaya Melayu dan sejarah kerajaan Lingga Riau.

”Hal ini sesuai dengan maklumat LAM Kabupaten Lingga yang telah diserahkan ke Bupati Lingga saat dipimpin Daria beberapa tahun lalu. Selain itu, juga sesuai dengan UU No.5 tahun 2017 Tentang Pemajuan Budaya,” kata Ishak, kemarin.

Meskipun baru dapat direalisasikan pada tahun ini, tidak mengurangi rasa salut dan apresiasi kepada Pemkab Lingga.

Penyusunan materi muatan lokal yang dilakukan Dinas Pendidikan Lingga, diharapkan selesai tepat pada waktunya dan dapat segera diterapkap di sekolah-sekolah.

”Semuanya harus melalui tahapan dan proses serta dibuat sesuai peraturan yang berlaku. Kerena itu perlu didukung dengan komitmen yang kuat dari semua pihak,” ucapnya.

Dijelaskannya, LAM Lingga menekankan untuk adat dan budaya Melayu, penekanan pada budi pekerti, sopan santun, berpakaian, patut, pengetahuan-pengetahuan tentang kuliner khas melayu, motif motif, pantang larang, syair dan Gurindam.

Kesenian dan bahasa juga perlu dimasukkan ke dalam budaya mata pelajaran muatan lokal.

”Pahlawan Nasional daru Lingga dan sejarah terbentuknya Kabupaten Lingga Lingga dapat menjadi pertimbangan yang sangat pnting untuk dijadikan materi kurikulum tersebut,” harapnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here