Pemkab Terapkan Aplikasi SP2D Online

0
679

ANAMBAS – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Anambas laksanakan pembayaran melalui Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Online dan implementasi transaksi non tunai. Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra mengatakan, Langkah tersebut dilaksanakan untuk mencegah korupsi berdasarkan Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Dalam undang-undang tersebut,mengamanatkan pengelolaan keuangan daerah dilakukan secara tertib taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transfaran dan bertanggung jawab. Tujuannya, untuk mengedepankan rasa keadilan, kepatuhan dan manfaat untuk masyarakat. ”Pelaksanaan untuk pembayaran melalui SP2D online dimulai pada tanggal 4 September 2017, yang berkerja sama dengan Bank Riau Kepri dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan(BPKP), “ ungkap Wan Zuhendra, Selasa (29/8).

Ia menguraikan, menguraikan untuk impelementasi transaksi non tunai pada pemerintah dilakukan secara bertahap pada awal Oktober 2017. Hal itu sesuai dengan instruksi Bupati Anambas, kepada tiga Oganisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai Pilot Project yakni Dinas Kominfo, Inspektorat dan Badan Keuangan Daerah. ”Kenapa Kominfo dipilih, mengingat Kominfo sebagai pendukung jaringan, untuk Inspektorat merupakan pengawas internal pemerintah daerah. Sedangkan, untuk BKD sendiri merupakan leader dalam pengelelolaan keuangan daerah,” jelas Wan Zuhendra.

Kepala Badan Keuangan Daerah Azwandi mengatakan, berdasarkan Instruksi Bupati Anambas diawal tahun 2018 kepada seluruh OPD dilingkungan pemda wajib melaksanakan transaksi non tunai baik pada transaksi belanja maupun penerimaan PAD. ”Maka dihimbau kepada Seluruh pegawai dan pihak ke tiga agar menyampaikan dan memiliki rekening untuk di verifkasi di awal melalui BKD,” sebut Azwandi.

Ia menyampaikan, keuntungan menggunakan SP2D online pihak ketiga maupun bendahara yakni pengeluaran dapat diketahui langsung apakah dana yang diajukan cair atau belum. Sehingga, sudah dapat langsung diakses melalui Aplikasi ASIS berbasis Web.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here