Pemkab Terima Penghargaan dari SBTI

0
221
WAKIL Bupati Anambas Wan Zuhendra ketika menerima plakat penghargaan sebagai sponsorhip terbaik dari Kampus SBTI. F-ADLY BARA HANANI/tanjungpinang pos
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas mendapatkan penghargaan sebagai sponsorship terbaik dari Kampus Sahid Bintan Tourism Institute (SBTI). Penghargaan itu diberikan pihak Kampus SBTI, pada saat acara wisuda batch 18 dan 19 di Ballroom Bintan Lagoon Resort, Lagoi, Kamis (11/4).

ANAMBAS – Karena selama tiga tahun berturut-turut, Pemkab Anambas mengirim putra putri Anambas untuk belajar di SBTI. Pengiriman anak daerah itu, Pemkab Anambas turut membiayai pendidikan hingga selesai.

Sejak tiga tahun berturut-turut mulai dari 2017, hingga 2019 Pemda telah memberikan subsidi belajar di SBTI sebanyak 87 orang.

Bantuan itu diberikan kepada anak-anak Anambas yang tidak melanjutkan lagi ke perguruan tinggi, dan diprioritaskan bagi anak-anak yang tergolong keluarga tidak mampu dan tentu harus melewati seleksi terlebih dahulu.

”Benar kita kemarin dapat penghargaan dari SBTI, karena Pemda terus menerus mengirim siswa untuk sekolah di SBTI sejak 2017 hingga 2019. Pak Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra yang hadir di acara tersebut. Tahun 2017 ada 30 siswa, 2018 30 siswa juga, sedangkan 2019 hanya 27 orang saja,” kata Yunizar, selaku Kepala Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu Nakertrans (DPMPTSP-Nakertrans) Kabupaten Kepulauan Anambas ketika dihubungi, Jumat (11/4).

Kata dia, siswa yang sekolah di SBTI sudah bekerja sebanyak 80 persen. Siswa yang disubsidi oleh Pemkab Anambas boleh bekerja di luar Anambas, sebab tidak ada keterkaitan dinas.

Mereka di sana menjalani proses belajar selama satu tahun lebih, selama 6 bulan belajar teori, sedangkan 6 bulan sisanya belajar praktik lapangan.

”Pihak sekolah yang menentukan dimana siswa-siswa itu ujian praktiknya. Hal ini dilaksanakan sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Anambas selama periode mereka,” jelas dia.

Lanjutnya, jumlah siswa asal Kabupaten Kepulauan Anambas terbanyak nomor 2 dari Kabupaten Bintan. Pemkab Anambas diberikan subsidi, dan ditambah lagi uang saku Rp1 juta per bulan untuk masing-masing siswa.

Mahasiswa/i yang belajar di SBTI berasal dari Bintan, Anambas, Tanjungpinang, Batam, Jakarta serta Jawa Tengah. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here