Pemkab Usul 8 Bidang Pembangunan

0
337
BUPATI Karimun Aunur Rafiq mendampingi Wakil Ketua DPRD Karimun, Azmi memukul gong pembukaan musrenbang tingkat Kabupaten Karimun, Selasa (20/3) kemarin di Gedung Serbaguna Kantor Bupati. F-ISTIMEWA

Delapan usulan berbagai bidang jadi prioritas program kegiatan pelaksanaan pembangunan 2019 pada pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Pemerintah Kabupaten Karimun di Gedung Serbaguna Sekretaris Daerah Pemkab Karimun, Selasa (20/3).

KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq membuka pelaksanaan Musrenbang dalam rangka penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah Tahun 2018. Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Karimun Djunaidy mengatakan, maksud dari pelaksanaan Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Karimun tahun 2019 adalah sebagai wadah bersama antar pelaku pembangunan (stakeholders) atau pihak yang langsung dan tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan pembangunan daerah.

Hal itu sebagai perwujudan, dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah. Dengan tujuan menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan provinsi.

Mengklarifikasi usulan program dan kegiatan, yang telah disampaikan masyarakat kepada Pemerintah Daerah. Ia menyebutkan, melalui musrenbang kecamatan atau sebelum Musrenbang RKPD dilaksanakan.

Mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program kegiatan prioritas. ”Sasaran dari pelaksanaan tahun 2019 adalah terlaksananya penajaman, penyelarasan, pengklasifikasian dan penyepakatan terhadap RKPD 2019. Hasil yang diharapkan kesepakatan program dan kegiatan ditetapkan untuk mengakomodir hasil musrenbang kecamatan, kesepakatam program dan kegiatan OPD yang mendukung RPJMD Karimun,” kata Djunaidy.

Hasil reses DPRD Karimun serta prioritas program dan kegiatan OPD. Usulan akan dibawa pada Musrenbang Provinsi Kepri dan Nasional di Jakarta. Pembahasan dilaksanakan dengan diskusi kelompok membahas usulan program/kegiatan tahun 2019 yang terdiri dari 5 bidang, bidang sosial budaya, bidang perekonomian, investasi SDA, insfratruktur, pengembangan wilayah dan lingkungan hidup, pemerintahan dan pelayanan publik, bidang dunia usaha dan dunia industri.

Tema pembangunan tahun 2019, meningkatkan kualitas dan pemerataan infrastruktur serta memperkuat sinergitas dunia usaha dalam membangun Kabupaten Karimun yang berdaya saing di bidang maritim.

Bupati Karimun Aunur Rafiq berpesan, kepada peserta Musrenbang yang berasal dari anggota DPRD Karimun, utusan dari OPD, utusan kecamatan, instasi vertikal, BUMD se-Kabupaten Karimun, utusan ormas, LSM, organisasi profesi, tomas, akademisi untuk sama-sama menyepakati hasil diskusi untuk dituangkan pada pembangunan tahun 2019. ”Hasil ini akan menjadi penentu arah pembangunan dan keberhasilan Kabupaten Karimun ke depannya,” katanya. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here