Pemkab Usul Bangun Pelabuhan Baru

0
56
KAPAL kargo saat bersandar Pelabuhan Tarempa untuk membongkar muatan berupa barang. f-indra gunawan/TANJUNGPINANG POS

Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan (KKA) Anambas mengusulkan pembangunan pelabuhan bongkar muat barang di Teluk Rembut, Air Bini Kecamatan Siantan Selatan kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan.

ANAMBAS – Mengingat, proses bongkar muat di Pelabuhan Tarempa saat ini sudah tinggi dan lagi pula masih menyatu dengan pelabuhan penumpang. ”Kita butuh pelabuhan baru untuk proses bongkar muat, dan kami bersama Dinas Perhubungan sudah mengusulkan titiknya yakni di Teluk Rambut sebagai pembangunan pelabuhan bongkar muat yang baru nanti,” kata Usman, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Jumat (7/9).

Usman menyinggung, selain pembangunan pelabuhan bongkar muat pihaknya juga mengusulkan pembangunan gudang logistik. ”Bersamaan usulan pelabuhan baru itu, untuk gudang logistik juga satu bagian,” ujar Usman.

Sementara itu, Ditjen Perencanaan Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia La Ode Wilo mengatakan, bahwa sudah diketahui tentang usulan itu. Oleh sebab itu, pihaknya yang akan dilakukan konsultan pendamping mensurvei dan mengkaji ulang usulan itu.

Jika sudah dilaksanakan oleh konsultan, dan lalu diajukan kepada Kemenhub untuk dibahas. Setelah itu, kewengan Kemenhub untuk merealisasinya anggaran pembangunan pelabuhan tersebut.

”Kalau memang layak dan aman dari gelombang maka itu akan disetujui. Namun, untuk tahap awal ini kami masih meninjau dan meminta data kepada Pemda dan melakukan kajian. Kalau dilihat-lihat, kondisi pelabuhan di Anambas ini sudah memiliki operasi yang padat, dan butuh pembangunan pelabuhan baru,” kata La Ode, ketika melakukan kunjungan ke Anambas.

Dengan adanya pelabuhan bongkar muat barang secara khusus, tanpa digabung dengan pelabuhan penumpang tentunya tidak mengganggu aktivitas sandar kapal barang dan bongkar muat lebih leluasa.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here