Pemkab Usulkan Dana CSR Dukung UNBK

0
182
SUASANA pelaksanaan UNBK di SMAN 2 Ranai yang berlangsung lancar dan tertib. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

Pemerintah Kabupaten Natuna berkeinginan untuk semua sekolah di Natuna, baik tingkat SLTP dan SLTA dapat mengikuti UNBK. Hanya saja, kehendak itu belum bisa terpenuhi sepenuhnya karena keterbatasan sarana dan prasarana.

NATUNA – Kadis Kominfo Kabupaten Natuna, Raja Darmika berkata, Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna akan menempuh berbagai upaya untuk menyeragamkan pelaksanaan UN di Natuna dengan sistem UNBK.

Salah satu upaya untuk mewujudkan kehendak itu, dengan memanfaatkan Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Natuna. ”Kita bisa menfaatkan CSR. Kita akan koordinasi dengan perusahaan-perusahaan besar yang ada di Natuna seperti yang ada sektor Migas, Telekomunikasi dan lainnya,” kata Raja Darmika di SMA Negeri 2 Ranai, Senin (9/4).

Menurutnya, kendala pelaksanaan UNBK di Natuna secara umum disebabkan oleh dua faktor yakni faktor sarana komputer yang belum lengkap dan faktor jaringan internet yang belum merata.

Kedua faktor ini, akan sulit dihadapi oleh pemerinta Kabupaten Natuna karena adanya faktor kewenangan pada pengelolaan pendidikan SLTA. ”Untuk sarana itu, Pemerintah Daerah tidak bisa menganggarkannya terutama untuk SMA sederajat. Maka itu, kami berinisatif membantu realisasinya melalu CSR. Nantinya akan kita klasifikasikan bentuk keperluan masing-masing sekolah. Apakah mereka perlu komputer atau jaringan internet,” jelasnya.

Melalui upaya ini, ia berharap sebagian sekolah di Natuna bisa terpenuhi dengan sarana UNBK. ”Kalau kita tidak dapat semuanya, sebagainnya pun tak apa lah. Tapi yang jelas peran Provinsi Keperi juga harus besar untuk mewujudkan keinginan ini demi kualitas pendidikan yang baik,” pungkasnya.

Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti menyatakan, pelaksanaan UN dan UNBK aman di hari pertama. Pernyataan ini disampaikan, setelah melakukan peninjauan di sejumlah SLTA di Ranai, Senin (9/4).

Pada hari pertama, ia meninjau ke SMAN 1, MAN Ranai dan SMAN 2 Ranai. Pada kegiatan ini, Ngesti didampingi oleh Kadisdikpora Kabupaten Natuna Suherman dan Kadiskominfo Kabupaten Natuna, Raja Darmika.

Ia mengatakan, proses pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional (UN) konvensional atau manual berjalan baik. ”Alhamdulillah semuanya dapat berjalan baik. Untuk UNBK alat-alatnya lengkap, jaringan internetnya bagus dan siswanya tidak kebingungan mengoperasikannya. Begitu juga proses UN, ujiannya lancar,” kata Ngesti.

Ia harap, proses UNBK dan UN ini mendapatkan hasil terbaik pada pendidikan di tingkat SLTA.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here