Pemkab Waspadai Gas, Kuota Premium Dikurangi

0
754
CEK PREMIUM: Setia Kurniawan PPNS Bintan mengecek penjualan BBM premium di SPBU.F-Jendaras/Tanjungpinang Pos

Satpol Tingkatkan Patroli saat Ramadan

BINTAN – PEMKAB Bintan melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) akan mewaspadai pasokan gas elpiji bersubsidi, pada saat Ramadan mendatang. Saat ini, pemerintah masih konsentrasi pada pengurangan kuota BBM jenis premium.

Kepala DKUPP Bintan Dian Nusa melalui PPNS Setia Kurniawan menjelaskan, menjelang Ramadan ini, pasokan dan harga jual bahan pokok untuk masyarakat Bintan masih normal. Stok bahan pokok seperti beras, minyak, gula dan jenis lainnya masih cukup, sampai lebaran Idul Fitri mendatang.

Hanya saja, lanjutnya, Pemkab Bintan perlu mewaspadai ketersediaan gas elpiji, saat pertengahan Ramadan dan menjelang Idul Fitri nanti. Karena, pada rentang waktu tersebut, para ibu rumah tangga banyak menggunakan gas.

Baca Juga :  Camat Gunung Kijang Bikin Festival Bunga Telur

”Baik untuk memasak maupun buat kue. Sehingga sering kesulitan mencari gas, dan selalu disebut langka. Bukan karena ketersediaan barang, tapi pemakaian atau permintaan yang besar,” jelas Setia Kurniawan, kemarin.

Di lain hal, Setia Kurniawan mengungkapkan, dari pihak Pertamina akan mengurangi kuota BBM jenis premium untuk Bintan, terhitung, Jumat (12/5) kemarin. Hal itu terjadi karena pengalihan kuota kepada jenis pertalite. Kuota premium itu dikonversikan ke penyediaan BBM jenis pertalite. Ini untuk bahan bakar bagi pengendara.

”Penjualan pertalite ini bisa didapat di SPBU km 16 Toapaya, dan SPBU km 20 arah Kijang. Harga premium yang tidak lagi disubsidi pemerintah masih dijual Rp 6.450 per liter. Sedangkan pertalite Rp 7.900 per liter,” ungkapnya.

Baca Juga :  16 April, Musda Iwapi Kepri

Satpol Patroli
Jika DKUPP mengawasi pasokan BBM dan ketersediaan bahan pokok, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bintan justru akan meningkatkan patroli jam malam. Tindakan ini diambil sekaligus untuk menegakkan Peraturan Bupati (Perbup) Bintan tentang jam malam bagi pelajar Bintan.

Mohd Insan Amin, Kepala Satpol PP Bintan menuturkan, patroli akan dilakukan ke sejumlah wilayah padat penduduk, seperti wilayah Bintan Utara dan Bintan Timur. Sasarannya warung internet (warnet) dan tempat menongkrong pelajar.

”Peningkatan patroli akan kita lakukan,” kata Insan, kemarin.

Baca Juga :  Kalau Lalu Lintas Pangan Pun Dipersulit, Cabut Saja Status FTZ

Tujuannya, selama Ramadan para pelajar tidak berkeliaran keluar rumah, selain di tempat-tempat ibadah. Hal ini dilakukan, supaya para pelajar Bintan bisa benar-benar menjalankan ibadah malam di bulan puasa.(YENDI-AAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here