Pemko Bangun Drainase 1,4 KM

0
457
Permukiman di wilayah Tanjungpiayu yang mulai padat akan dibagun drainase jumbo yang lebarnya 40 meter dan panjangnya 1.400 meter.f-istimewa

BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan melakukan pelebaran drainase sekitar 1.400 meter di Kampung Sukadamai, Kelurahan Tanjungpiayu, Sei Beduk. Warga yang terdampak pembangunan, diminta segera pindah. Kesadaran itu diharapkan, karena drainase merupakan kebutuhan dan jika tidak dilakukan maka akan berdampak pada banjir yang berkelanjutan.

Imbauan itu disampaikan Wali Kota Batam, HM Rudi, saat meninjau proyek pemberdayaan masyarakat percepatan infrastruktur kelurahan (PM-PIK) Tahun 2017, Senin (23/4), di Kecamatan Sei Beduk. ”Diimbau kepada warga yang terkena dampak agar segera pindah,” imbaunya.

Menurutnya, drainase yang akan dibangun panjangnya 1,4 kilometer dengan lebar 40 meter. Lokasi drainase ini ada di Kampung Sukadamai. Pembangungan drainase ini menurutnya harus dilakukan segera dan tidak bisa ditunda. Apabila ditunda akan mengakibatkan banjir dan air akan meluap.

”Jika tidak kita bangun, air bisa naik ke atas dan masalah banjir ini tidak akan selesai-selesai nantinya. Yuk, kita sama-sama cari solusi karena pembangunan drainase ini harus segera dilakukan,” imbaunya.

Baca Juga :  Perdana Smartfren 10N+ Masa Aktif 365 Hari

Pada kesempatan itu, Rudi juga meninjau pembangunan yang dilakukan dengan anggaran PIK tahun 2017. Pembangunan semenisasi jalan lingkungan dengan beton, tersebar di Kelurahan Tanjungpiayu, Kelurahan Duriangkang dan Kelurahan Mangsang.

”Jadi total paket kegiatan di tiga kelurahan berjumlah 29 paket terdiri dari semenisasi jalan lingkungan, drainase, batu miring dan gedung serba guna,” beber Rudi.

Rudi mengatakan, dana untuk PM PIK akan dianggarkan setiap tahunnya. Dia berjanji untuk meningkatkan dana PIK setiap tahunnya. Hingga habis masa jabatannya dana PIK yang dianggarkan Rp1,8 miliar per kelurahan. ”Pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemko untuk memperbaiki wajah Batam,” jelasnya.

Dengan demikian, pembangunan infrastrukturjalan ini tidak hanya masyarakat yang merasakan manfaatnya tapi juga orang yang datang ke Batam baik dari dalam maupun luar negeri. ”Seluruh jalan utama ini akan saya buka sampai ke Sagulung. Begitu juga dengan jalan lingkungan harus selesai dan target saya tujuh tahun ini sudah harus selesai semua,” urai Rudi.

Baca Juga :  Telkomsel Luncurkan Aplikasi Nickelodeon Play

Rudi juga sempat menyinggung masalah parawisata. Rudi mengajak masyarakat Kecamatan Sei Beduk untuk berperan dalam pariwisata yang tengah dikembangkan oleh Pemko Batam. Diyakininya jika wajah Batam sudah berubah maka orang akan ramai berkunjung ke Batam. Rudi menargetkan angka kunjungan wisatawan mancanegara dari 1,5juta menjadi 3 juta setiap tahunnya.

”Jika orang ramai berkunjung maka berdampak pada Pendapat Asli Daerah (PAD) Kota Batam. Bukan hanya Pemko, masyarakat juga dapat uang masuk. Peluang ini harus bisa dimanfaatkan masyarakat dengan menyediakan apa yang dapat menarik minat orang yang berkunjung ke Batam,” imbaunya.

Saat dialog, warga mengungkapkan pembangunan jalan lingkungan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Seperti yang diungkapkan warga dari RW 02 Kelurahan Duriangkang. Diakui, kondisi jalan lingkungan yang selama ini belum diaspal dan becek disaat hujan kini sudah bagus dan tidak tergenang air lagi.

Baca Juga :  Dewan dari PKPI Tunggu Putusan Gugatan

”Kami berbangga karena jalan di lingkungan kami sudah bagus dan masyarakat sudah merasakan manfaatnya. Harapan kami dana PIK ini meningkat setiap tahunnya. Kepada Pak Walikota, atas nama masyarakat Kecamatan Sei Beduk kami mengucapkan terimakasih,” sebut salah seorang warga.

Sementara di RW 15 Kavling Baru Sei Daun Kelurahan Tanjung Piayu, Wako meninjau sekaligus meresmikan Balai Pertemuan. Ketua RW 15, Handoko mengatakan keberadaan gedung serbaguna ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Gedung serbaguna yang berdampingan dengan Posyandu ini digunakan oleh warga untuk kegiatan sosial kemasyarakatan.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here