Pemko Belum Serahkan DPA

0
494
Riono

TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang belum juga menyerahkan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Semula, pemko merencanakan akan menyerahkan DPA ke OPD Rabu (16/2) lalu. namun, sampai saat ini rencana itu belum terlaksana. Akibatnya, banyak kegiatan yang belum bisa dilaksanakan karena APBD 2017 belum bisa digunakan.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Tanjungpinang, Riono mengatakan, rencana penyerahan DPA tersebut memang ditunda dari rencana awal. Penundaan itu karena ada beberapa yang harus dilakukan perbaikan dan dikonsultasikan ke lembaga terkait. Hal ini karena adanya dana tunda bayar Pemko Tanjungpinang.

”Minggu depan selesai. Mudah-mudahan Senin nanti kita serahkan DPA-nya,” kata Riono kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (17/2).

Meskipun adanya penundaan DPA dari rencana awal tersebut, namun Riono yakin hal itu tidak terlalu berpengaruh pada pelaksanaan program kerja pemerintah. Karena tahun sebelumnya juga DPA-SKPD baru diserahkan pada 23 Februari 2016.

Rencananya, Wali Kota (Wako) Tanjungpinang, Lis Darmansyah akan menyerahkan langsung DPA tersebut kepada masing-masing SKPD.

Memang, DPA SKPD merupakan dokumen penting dalam pelaksanaan kegiatan. Karena DPA-SKPD merupakan dokumen yang memuat pendapatan dan belanja setiap SKPD yang digunakan sebagai dasar pelaksanaan oleh pengguna anggaran.

Dengan belum diserahkannya DPA tersebut maka kegiatan di SKPD secara otomatis belum bisa dilaksanakan.

Bahkan, beberapa SKPD pun mengaku belum bisa memastikan program kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2017. Karena masih menunggu DPA sebagai acuan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan anggaran.

”Karena DPA belum diserahkan, Jadi, kita sampai sekarang belum bisa membuat kegiatan. Entah sampai kapan,” sebutnya.

Sementara Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah mengaku sebelumnya DPA itu akan diserahkan pada Jumat (17/2).

”Tapi, lebih jelasnya coba tanya Pak Darmanto,” kata Lis sambil menyebut nama Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tanjungpinang.

Hanya saja, Darmanto belum bisa dihubungi sampai berita ini diturunkan. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here