Pemko Bersihkan Jodoh Boulevard

0
748
Jodoh Boulevard : Pejabat Pemko Batam turun ke kawasan Jodoh Boulevard untuk membersihkan pedagang kaki lima.f-istimewa/humas pemko batam

BATAM – Setelah mengunjungi Jodoh Bulevard sehari sebelumnya, Wali Kota Batam, HM Rudi langsung turun lagi bersama timnya untuk melakukan pembersihan di daerah kawasan itu. Ratusan pegawai dan pejabat Pemko dibantu Satpol PP, melakukan pembersihan di kawasan Jodoh Boulevard. Ke depannya, kawasan ini akan dilakukan pembangunan dan direncanakan kawasan itu dikelola koperasi.

Pembersihan dilakukan pegawai Pemko yang turun sejak pagi sekitar pukul 06.30 WIB, Rabu (6/9), dengan dibantu Satpol PP dan petugas dari Dinas Kebersihan. ”Ini tahap awal. Kita bersihkan dulu. Saudara saya yang berjualan, rela pindah sendiri ke sebelah,” kata Rudi.

Baca Juga :  KPU Batam Uji Coba Situng

Pedagang kaki lima sudah dipindah tahun 2012 lalu. Namun karena pengawasan lemah, PKL masuk kembali. ”Sekarang dipindah lagi. Jadi bukan digusur, tapi memindahkan kembali,” tegasnya.

Menurutnya, taman Jodoh Boulevard ini tidak hanya dibersihkan dari pedagang. Tapi akan diratakan seluruhnya. Puing bekas beton tempat duduk taman yang sudah rusak akan dibersihkan semua. ”Hari ini kita bersihkan. Puing-puing kita bersihkan semua. Tapi karena ini aset negara maka ada prosesnya,” kata dia.

Menurut Rudi, Jodoh Boulevard merupakan aset Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Namun berdiri di atas tanah milik Pemerintah Kota Batam. Karena kondisi taman yang tidak terurus, maka Pemko Batam dimungkinkan untuk menata ulang lokasi tersebut. Penataannya akan disusun setelah pembersihan selesai. Intinya lokasi ini akan dihidupkan kembali seperti saat pembangunan awalnya.

Baca Juga :  Isdianto Minta Kuatkan Persaudaraan

Ke depan, Jodoh Boulevar direncanakan untuk pedagang tradisional. Parkir juga akan dipindahkan dekat kawasan Jodoh Boulevard. Tidak diperbolehkan lagi parkir didalam kawasan itu. ”Disini nanti tempat kuliner. Orang hanya bisa jalan kaki. Pedagangnya kita tata. Pengelolaannya kita beri ke koperasi. Pemko hanya memungut retribusi, tapi sistem pengelolaannya modern,” imbuhnya.

Pada kegiatan pembersihan Jodoh Boulevard ini melibatkan Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dinas Perumahan Rakyat Permukiman dan Pertamanan, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Perhubungan, serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Selain itu camat dan lurah se-Kecamatan Batuampar serta unsur pimpinan kecamatan (Uspika) juga turut ambil bagian.(MARTUA) 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here