Pemko Bikin Perwako Tamu Wajib Nginap

0
639
Kantor pemko: Kantor Pemerintahan Kota Tanjungpinag di Bukit Senggarang. F-dokumen/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pemko Tanjungpinang mewajibkan tamu dari daerah lain yang study banding ke Tanjungpinang wajib menginap. Kewajiban tamu untuk menginap minimal semalam di sudah dilakukan sejak lama. Hanya saja, kini dikuatkan dalam Peraturan Wali Kota. Hanya saja Perwako ini masih disusun. ”Sudah kita buat surat edaran dan ini sudah lama. jadi akan diperkuat dengan perwako,” Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Menurut Lis Darmansyah, dengan surat edaran Walikota Tanjungpinang terbukti cukup ampuh. Cara itu, salah satu upaya Pemko Tanjungpinang untuk mendongkrak perekonomian di Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Gagal Bangun Pos, BNNP Bangun Unit SAR

Maka dari itu, Pemko Tanjungpinang berencana meningkatkan aturan tersebut dalam bentuk Peraturan Walikota (Perwako). Saat ini, Pemko Tanjungpinang sedang menyusun Perwako, yang mewajibkan tamunya untuk menginap minimal satu malam di Kota Tanjungpinang.

”Insya Allah, bulan ini (Oktober, red), ditargetkan Perwako selesai. Kalau tidak di pertengahan, bisa jadi diakhir Oktober ini,” kata Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Tujuan utama Perwako ini, sambung Lis, agar tamu yang study banding ke Tanjungpinang bisa menikmati suasana, objek wisata dan kuliner Tanjungpinang. Harapannya, tamu mengenal kuliner dan objek wisata di tanjungpinang maka suatu saat akan kembali lagi melancong ke Tanjungpinang.

Baca Juga :  Lima OPD Mulai Tempati Gedung Baru

Selain itu, dengan menginap di Tanjungpinang, tentu saja tamu yang datang akan berbelanja hingga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

”Selama ini, Surat Edaran Walikota Tanjungpinang sudah memberikan dampak positif bagi perekonomian Kota Tanjungpinang. Yang langsung merasakan dampak manfaat dari kebijakan tersebut, adalah sektor perhotelan. Karena dengan diwajibkan menginap tamu Pemko Tanjungpinang, kamar di hotel pun mendapatkan tambahan tamu yang menginap,” sebutnya.

Tak hanya itu, lanjut Lis, ketika tamu menginap, maka mereka akan jalan-jalan, berbelanja hingga juga transportasi dan lain sebagainya ikut mengeliat. Artinya, aturan yang dibuat oleh Pemko Tanjungpinang, semuanya sangat positif dalam menggerakkan roda perekonomian di Tanjungpinang.

Baca Juga :  Tak Diperhatikan, Warga Dompak Demo

”Baru-baru ini, kita kedatangan tamu dari Banten. Alhamdulillah, mereka nginap tiga hari di Tanjungpinang,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here