Pemko-BP Memaksimalkan ROW Jalan

0
482
Wali Kota Batam M Rudi bersama Wakil Walikota Amzakar Achmad meninjau pengerjaan proyek yang sudah mulai berlangsung.f-istimewa/humas pemko batam

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) dan Pemko Batam, menyepakati pinjam pakai aset, dalam hal ini jalan dan row jalan. MoU pengalihan jalan itu akan ditandatangani antar kedua lembaga itu. Row-row jalan akan diserahkan untuk digunakan Pemko Batam, dalam pelebaran jalan. Namun, peralihan aset itu sementara prinsipnya masih pinjam pakai. Sementara, untuk peralihan hak milik, masih tetap di BP Batam.

Wali Kota Batam, HM Rudi bersama Kepala BP Batam, Lukita di kantor Pemko, Senin (26/2), mengungkapkan hal itu. ”Saya dan pak Lukita pertemuan, untuk mencocokkan apa yang akan dibangun kedepan. Jadi sudah kita sepakati yang mana row jalan dan diserahkan ke Pemko untuk dibangun. Akan segera kita lakukan MoU. Besok sudah dilakukan MoU,” ungkap Rudi.

Baca Juga :  Bangun Drainase Atasi Banjir Centre Park

Menurut Rudi, pihaknya meminta ke BP Batam, penyerahan walau sifatnya masih pinjam pakai, ROW jalan agar rencana pelebaran jalan yang sudah dianggarkan, bisa dilaksanakan. Termaksud jika ada bangunan dirow jalan, Pemko kedepan akan memiliki wewenang untuk menertibkan.

”Kalau ada tersangkut bangunan, akan diselesaikan. Teknisnya ke Bina Marga. Bukan diserahkan, tapi pinjam pakai untuk kami kerjakan,” tegas Rudi.

Diakui Rudi, pihaknya meminta persetujuan dulu, sebelum dilakukan pelebaran jalan. Sehingga, saat proses pelebaran jalan ke depan tidak bermasalah. ”Kami juga meminta data terkait jalan yang memiliki row 100 atau 100 meter, untuk bisa digunakan,” beber Rudi.

Baca Juga :  Aset Bandar Narkoba Rp28 M Diamankan

Di tempat yang sama, Lukita mengatakan, mereka bersedia meminjamkan jalan dan row jalan yang menjadi wewenang BP, agar pembangunan pelebaran, bisa dilakukan. Sementara, untuk status pinjam pakai atau hibah, Lukita mengakui pinjam pakai sebagaimana disampaikan Rudi.

”Kan, beliau harus segera membangun, jadi paling cepat, pinjam pakai. Tapi semua dalam proses perubahan (peralihan aset). Kita dukung (pelebaran). Karena kita lihat jalan sudah semakin bagus, makin lebar,” jelasnya.

Dia mendukung pernyataan walikota, jika Pemko tidak bisa menunggu hibah yang membutuhkan proses lama, karena sudah dianggarkan untuk dibangun tahun ini. Sehingga disepakati sistem pinjam pakai dan diatur dalam pasal-pasal MoU yang akan ditandatangani.

Baca Juga :  Trafik Data Telkomsel Tumbuh 22,8 Persen

”Kalau proses dari kami (pinjam pakai) tidak lama. Selama ini kalau pinjam pakai, mudah berjalan. Kita sudah sepakat agar pembangunan jalan sesuai row jalan. Yang ruas jalan 6-6-9,” imbuhnya.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here