Pemko-BP MoU Pinjam Pakai 669 KM Ruas Jalan

0
199
Wali Kota Batam HM Rudi dan Ketua DPRD Batam Nuryanto dan ketua BP Batam usai menekan MoU pinjam pakai jalan 666 KM ruang salan raya. f-istimewa/humas pemko batam

BATAM – Wali Kota Batam, HM Rudi dan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Lukita, melakukan MoU untuk penggunaaan 669 KM ruas jalan di Batam. BP Batam menyerahkan pengelolaan jalan di Batam, kepada Pemko Batam. MoU itu akan berlangsung selama lima tahun. Kerjasama ini karena Pemko Batam akan lebih fokus pada pengembangan ekonomi Batam.

Lukita usai penandatanganan MoU dengan Rudi, Rabu (21/3) di Batam mengungkapkan, jumlah ruas jalan yang diserahterimakan, sebanyak 669 ruas. ”Tadi MoU untuk jalan di Batam. Kami ingin aset-aset itu memberikan manfaat, sehingga dipilih dikelola pihak berwewenang,” ungkap Lukita.

Disebutkan, masih ada aset yang sedang diproses untuk dikelola Pemko dalam melayani masyarakat. Walau tidak menyebutkan aset dimaksud, namun sebelumnya ada poin-poin yang disepakati Pemko dan BP diusulkan diserahkan pengelolaannya ke Pemko. Di antaranya, pasar indusk, kantor Wali Kota, Kantor DPRD, Masjid Agung Batam Centre, Dataran Engku Putri dan lainnya. ”Karena kami yakin dikelola dengan baik dan kami fokus pada upaya menggerakkan ekonomi Batam,” jelas Lukita.

Lukita juga menjelaskan jika pihaknya bersama Pemko Batam, akan menyelesaikan persoalan masalah perumahan di Batam. Dimana, ada legalitas perumahan yang bermasalah, karena berada dihutan lindung. Selain itu, juga akan menyelesaikan persoalan kampung tua.

”Pertimbangan untuk melaksanakan atau menyelesaikan perumahan, karena ini persoalan bersama. Jadi kita akan selesaikan legalitas perumahan, termaksud di kampung tua,” harapnya.

Menurutnya, pihaknya tidak ingin masalah kampung tua dan legalitas perumahan di beberapa lokasi di Batam, menjadi isu yang berjalan tanpa penyelesaian. “Kami tidak ingin dengan pak Wali ini menjadi isu terus menerus di Batam. Kami ingin memberikan legalitas sesuai ketentuan perundagan,” imbuhnya.

Sementara Wali Kota Batam, ?HM Rudi mengatakan, MoU antara pihaknya dengan BP Batam akan berlangsung selama lima tahun. ”Ini MoU untuk pemakaian jalan selama lima tahun. Jadi kita akan mudah melakukan pelebaran jalan karena sudah ada kesepakatan untuk menggunakan row jalan,” kata Rudi.

Selain itu, Rudi berharap juga kedepan, Pemko bisa mendapatkan lahan disetiap kecamatan. Dimana, tiap kecamatan ada dialokasikan lahan untuk pasar. ”Rencana kedepan kalau boleh, seluruh kecamatan, punya pasar. Sehingga, ekonomi masyarakat di kecamatan tumbuh lebih baik,” harapnya.(mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here