Pemko Diminta Gelar Kompetisi e-Sport Milenial

0
613
Dicky Novalino

TANJUNGPINANG – Anggota DPRD Tanjungpinang, Dicky Novalino menyarankan pemerintah daerah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bisa melaksanakan kompetisi e-sport. Tujuannya menjadi ajang adu bakat para gamers mobile legend untuk berkompetisi.

Ia menilai, e-sports sudah tidak bisa dihindari. Bahkan kini bisa dibilang merupakan salah satu jenis olahraga elektronik dalam bentuk kompetisi yang umumnya diikuti oleh para gamer profesional.

Dicky menuturkan, banyak anak-anak muda Tanjungpinang yang menggemari game online ini. Ke depan harus ada wadah yang terarah bagi sesama mereka berkompetisi.

Ini juga salah satu cara merangkul potensi anak-anak muda. Selain melalui akademis dengan berbagai mata pelajaran maupun bidang seni dan olahraga.

Kader Demokrat ini menuturkan, harus dimulai dengan membangun ekosistemnya dulu. Harus ada kompetisi-kompetisi berjenjang yang menjadi karir yang digeluti.

Selain itu, ia pun menyarankan ada workshop dan undang orang yang mahir dibidangnya sebagai narasumber. Serta beberapa narasumber lainnya yang bisa memberikan pemahaman, misalnya psikolog serta dari pemerintah sendiri.

Tujuannya, kata dia agar para anak-anak muda tersebut bisa tetap seimbang. Dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Khususnya para pelajar jangan sampai lupa dengan tugas utamanya menimba ilmu. ”Jangan sampai ada yang lupa belajar karena terlalu asyik atau bahkan memilih putus sekolah. Ini pun perlu diberikan pemahaman,” tuturnya.

Ia menilai, pemahaman seperti ini pun perlu diberikan kepada anak muda. Meski demikian, bagi profesional di bidangnya atau memiliki kemampuan itu, perlu didukung.

”Barang kali nantinya ada profesional e-sport dari Tanjungpinang yang mengikuti pertandingan tingkat nasional maupun internasional. Ini sudah menjadi olahraga bila ditekuni dengan benar,” ucapnya.

Menurutnya, ada beberapa cara mempersiapkan anak-anak muda berprestasi. Diantaranya melalui pelatihan maupun wadah pertandingan dibidangnya.

Sesuai referensi yang diterima sudah ada pertandingan e-sport yang dilakukan, bahkan memperebutkan piala Presiden RI. Di tingkat daerah, ke depan ia menyarankan bisa dilaksanakan upaya merangkul anak milenial.

Dituturkannya, bila sudah demikian maka kegiatan mereka ke depan bisa terarah. Jangan sampai anak-anak muda profesional dalam bidang e-sport merasa tidak didukung.

”Kita ciptakan komunitasnya. Tujuannya menjadikan mereka profesional di bidangnya serta memberi pemahaman,” tuturnya.

Anggota Komisi I DPRD Tanjungpinang ini menilai, banyak cabor lain yang juga perlu diperhatikan. Menurutnya kini terus berjalan dan berharap terus ditingkatkan.

”Kami kemarin sudah silaturahmi dengan Kadispora Tanjungpinang, Pak Djasman. Sekarang secara bergilir ke OPD lainnya. Tujuannya agar terbangun komunikasi yang baik sebagai mitra kerja,” ucapnya. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here