Pemko Diminta Salurkan Pupuk Subsidi

0
51
Petani foto bersama dengan penyuluh pertanian. f-istimewa

TANJUNGPINANG- Para petani di Kota Tanjungpinang, mengharapkan agar Pemko Tanjungpinang segera mendistribusikan pupuk subsidi kepada petani. Karena, sudah memasuki musim tanam.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Kelompok Tani Harapan Jaya, Nanang, kemarin.

”Sudah memasuki musim tanam, ya para petani mengharapkan agar pupuk subsidi dari pemerintah segera keluar,” ujanrya.

Sambung dia, para petani tertolong dengan adanya pupuk subsidi yang disediakan oleh pemerintah daerah. Sebab, bila membeli pupuk nonsubsidi, harganya selangit, tidak sebanding dengan hasil produksi.

”Tahun lalu hanya sekali pupuk subsidi dibagikan. Sebelumnya sebelumnya dua kali dalam satu tahun,” ujarnya. Bahkan, ia berharap di era pemerintahan H Syahrul-Rahma, ada perubahan pendistribusian pupuk subsidi bagi petani di Kota Tanjungpinang.

”Sebelumnya pupuk subsidi baru bisa diterima petani pada bulan enam dan akhir tahun. Kita harapkan tahun ini di awal tahun supaya bisa bercocok tanam lebih awal,” ujarnya.

Hal sama juga di sampaikan Katimun, salah satu petani. Ia berharap dari pemerintah agar pembagian pupuk subsidi, seperti pupuk ZA, TSP, Orea segera dibagikan.”Para petani kalau sudah ada pupuk subsidi, tinggal dikumpulkan duitnya oleh ketua kelompok, kemudian mengajukan ke pemerintah,” ujarnya.

Sambung kata Katimun, ia sudah mencoba berkoordinasi dengan salah satu petugas penyuluh pertanian dari Dinas Pertanian Kota Tanjungpinang. Menurut dia, ia belum memastikan kapan akan dicairkan pupuk subsidi.

”Lebih cepat lebih baik, supaya petani kembali menanam sayur sayuran,” ujarnya.

Masih kata Katimun, kalau tidak ada bantuan pupuk subsidi dari pemerintah, petani pasti akan kehilangan pekerjaanya. Sebab, harga pupuk nonsubsidi harganya tiga kali lipat dari pupuk subsidi. ”Selain pupuk subsidi, petani juga mengajukan subsidi obat-obat hama. Karena, biaya obat hama lebih mahal dari pupuk subsidi,” ujarnya. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here