Pemko Dirikan 19 Posko Pengaduan PPDB

0
603
TERIMA ADUAN: Pegawai Kelurahan Batu IX Tanjungpinang sedang berbincang dengan masyarakat, sambil menunggu keluhan masyarakat terkait penerimaan siswa baru, Selasa (4/7). F-ANDRI DS/TANJUNGPINANG POS

Pemko Tanjungpinang membuka posko pengaduan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran baru 2017/2018. Posko pengaduan PSB tersebar di 18 Kelurahan ditambah satu posko kantor Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – ”Kita minta masyarakat kita yang mengalami masalah penerimaan siswa baru, silahkan melapor ke pihak kelurahan,” kata Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah kepada Tanjungpinang Pos, kemarin. Kata Lis, posko ini difungsikan untuk melayani keluhan masyarakat soal penerimaan siswa baru. Atau ada anaknya tidak dapat sekolah. Karena, aturan baru penerimaan siswa baru tingkat SMA sederajat bukan lagi tanggungjawab Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, tapi tanggungjawab Dinas Pendidikan Pemprov Kepri.

”Kita inginkan seluruh siswa diterima di sekolah. Jangan sampai ada warga kita tak sekolah,” tegasnya. Kata dia, dalam UU Dasar 1945, fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara. Artinya, pemerintah daerah ikut memiliki tanggungjawab terhadap fakir miskin dan anak terlantar.  Kata Lis, ia berjanji keluhan yang disampaikan masyarakat melalui pokso pengaduan, baik di tingkat kelurahan hingga Dinas Pendidikan, akan dicarikan solusi. Supaya anak tersebut bisa bersekolah dan melanjuti sekolahnya, baik itu tingkat, SD, SMP dan SMA sederajat.

”Kita akan bantu bagaimana mereka bisa sekolah hingga melanjuti sekolah tanpa mengenal dan memandang statusnya,” sebut dia. Hal ini dibenarkan Lurah Batu IX Tanjungpinang, Fery Andana. Menurutnya di kantor tempatnya bertugas sudah memiliki posko pengaduan PSB sesuai arahan Wako Tanjungpinang, H Lis Darmansyah.

”Posko ini sesuai arahan Bapak Wako Tanjungpinang, H Lis Darmansyah,” kata Fery. Ia tugaskan satu pegawainya untuk menjaga posko pengaduan PSB di kantornya. Posko pengaduan tersebut dilengkapi formulir serta kotak pengaduan PSB. Formulir tersebut harus diisi oleh masyarakat sesuai keluh kesah yang dihadapi saat mendaftarkan anaknya masuk sekolah di tahun 2017 ini.

”Dari keluhan masyarakat ini, kita akan sampaikan ke Bapak Wako Tanjungpinang, H Lis Darmansyah. Tapi, kalau permasalahan masih di tingkat kelurahan, kita langsung selesaikan. Kalau diluar itu, kita langsung lapor ke Pak Wali ,” sebut dia.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here