Pemko Gelar Gebyar Pajak

0
621
Berkas SPPT-PBB: Pegawai BPPRD Kota Tanjungpinang sedang merapikan SPPT-PBB milik wajib pajak. F-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pemko Tanjungpinang melalui Badan Pengelolaan Pajak dan Restribusi Daerah Kota Tanjungpinang akan menggelar acara Gebyar Pajak di Lapangan Pemedan, Minggu (8/10).

Kegiatan tersebut akan diisi oleh berbagai rangkaian kegiatan. Acaranya dimulai pukul 06.00 seperti senam sehat, memberikan penghargaan kepada wajib pajak, sarapan pagi, pembagian doorprize serta hiburan untuk masyarakat.

”Gebyar pajak ini diharapkan akan terjalin hubungan baik dan saling pengertian antara warga dengan pemerintah supaya ke depannya kita bisa bersinergi bersama dalam hal memajukan Kota Tanjungpinang,” kata Kepala Bidang Penetapan Pajak dan Restribusi Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD), Isnaini Bayu Bowo, kemarin.

Kata Isnaini Bayu Bowo, yang juga sekretaris panitia pelaksanaan Gebayar Pajak, sampai September kemarin, realisasi penerimaan pajak dari 11 item pajak sudah mencapai 90,83 persen atau sudah tercapai Rp50,866 miliar dari target Rp56 miliar di APBD murni. Karena di APBD Perubahan ditambah target lagi Rp 10 miliar.

Baca Juga :  Guru Honor Ikut Sosialisasi BPJS

Pajak parkir pencapaian sudah 120 persen, sudah teralisasi Rp719 juta dari target Rp580 juta. Pencapaian Pajak Bumi Bangunan (PBB) sudah Rp 9 miliar dari target Rp8,250 miliar. Objek PBB bertambah diakhir-akhir jatuh tempo pembayaran terakhir 28 September, kemarin. Dari 89.999 objek PBB kini menjadi 90.080 objek PBB.

Kemudian, realisasi pajak restoran sudah mencapai 104,17 persen, sudah teralisasi Rp8,02 miliar dari target Rp7,7 miliar. Sedangkan pajak hotel sudah teralisasi 89,75 persen, pencapaian sudah Rp4,047 miliar dari target Rp 4,51 miliar.

Menurutnya, dengan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam hal membayar pajak tepat waktu, ini secara otomatis membangun Tanjungpinang yang lebih maju lagi karena Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tanjungpinang akan semakin meningkat dan semakin bisa memberikan yang terbaik dalam bentuk pelayanan dan fasilitas kepada masyarakat.

Baca Juga :  Arisan Online Makan Korban Lagi

Gebyar pajak ini bertujuan agar pembangunan untuk meningkatkan kesejahteran masyarakat, diperlukan sinergi yang harmonis antara pemerintah, pihak swasta dan masyarakat.

Direncanakan, Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah, dan wakilnya H Syahrul akan memberikan apresiasi wajib pajak dari 11 sumber pajak di Tanjungpinang.

”Pembangunan tersebut tidak hanya dibebankan kepada pemerintah daerah saja tetapi dibutuhkan kerja sama antara pemerintah, swasta (pengusaha) dan masyarakat. Tanpa adanya kerja sama yang erat, keberhasilan pembangunan akan sulit diraih,” tegasnya.

Menurutnya, pemberian penghargaan ini adalah untuk memotivasi dan mendorong wajib pajak daerah agar dapat tertib administrasi perpajakan daerah, baik ketaatan dalam melaporkan pajaknya maupun secara teratur dalam membayar pajak daerahnya.

Baca Juga :  Server Data CPNS Down

Prospek kedepan yang sangat menunjang dalam membantu pemko sebagai sumber pemungutan pajak daerah di tahun 2018. Ia juga menyampaikan terimakasih dan selamat kepada seluruh wajib pajak yang telah mendapatkan penghargaan ditahun lalu.

”Mari kita sama-sama ingatkan kembali kepada para pengusaha serta seluruh masyarakat agar membayar tepat waktu,” tegasnya.

Digebyar pajak nanti, perwakilanya wajib pajak akan berikan apresiasi. Misalnya, utusan penerima dari developer, warung kopi, notaris, rumah makan, hotel dan restoran dan lain-lainnya. Bowo mengajak kepada masyarakat Tanjungpinang, untuk hadir di acara senam sehat di acara Gebyar Pajak. Siapa tahu, masyarakat mendapatkan doorprize dari panitia. ”Hadiah doorprizenya macam-macam,” bebernya. (bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here