Pemko Gelar Lomba Kampung Hias

0
338
SALAH satu perahu yang dimodifikasi saat lomba Sea Eagle Boat Belakangpadang Batam, beberapa waktu lalu. f-istimewa/humas pemko batam

Upaya Memeriahkan Hut ke-73 Kemerdekaan RI di Batam

Pemerintah Kota Batam akan menyemarakkan HUT ke-73 Kemerdekaan RI dengan sejumlah kegiatan. Salah satunya, tahun ini akan digelar Lomba Kampung Merdeka.

BATAM – Lomba Kampung Merdeka akan dibagi dalam kategori Kampung Tua, Kampung Nelayan, Kategori Perumahan Besar, Kategori Perumahan Sederhana dan Kategori Kaveling dengan hadiah Rp54 juta.

Wali Kota Batam HM Rudi mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dengan menghias lingkungan tempat tinggalnya dengan tema kemerdekaan.

Diharapkan melalui Lomba Kampung Merdeka ini bisa menumbuhkan semangat nasional dan terciptanya kerukunan antarwarga. ”Silahkan hiasi lingkungan tempat tinggal sesemarak mungkin dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia,” imbau Rudi.

Demikian dengan Kabag Humas Pemko Batam, Yudi Admaji mengatakan, lomba ini bertujuan untuk membangkitkan jiwa nasionalisme dan semangat patriotisme masyarakat Batam. Lomba kampung mereka sendiri diakui, yang pertama kali digelar di Batam.

”Penilaian akan dilakukan oleh tim penilai yang telah disiapkan oleh Pemko Batam. Untuk proses penilaian akan berlangsung dari tanggal 1 sampai 31 Agustus 2018,” kata Yudi.

Disebutkannya, untuk kategori Kampung Tua, masyarakat dapat menghias gapura di masing-masing Kampung Tua. Kriteria penilaian yakni menilai kebersihan lingkungan, penataan dan event yang diselenggarakan di lingkungan untuk memeriahkan HUT RI.

”Total nilai hadiah yang disiapkan Pemerintah Kota Batam untuk pemenang lomba Kampung Merdeka sebesar Rp54 juta,” beber dia.

Dijelaskannya, rangkaian acara HUT RI Tingkat Kota Batam akan dimulai dengan pengukuhan Paskibra, pawai obor/Taptu, renungan suci. Puncaknya digelar Upacara Detik-detik Proklamasi dan upacara penurunan bendera yang dilaksanakan di Dataran Engku Putri, Jumat (17/8). Selaku inspektur Upacara pada Detik-detik Proklamasi Walikota Batam. Dan inspektur upacara pada saat penurunan bendera Wakil Walikota Batam.

Kemudian, dilanjutkan malam resepsi di Komplek Raja Haji Fisabilillah dan Upacara Hari Pramuka, Sabtu (18/8). Sementara di tingkat kecamatan dan organisasi perangkat daerah (OPD) juga digelar berbagai lomba untuk memeriahkan HUT RI tersebut.

Diantaranya, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam akan melakukan anjangsana ke Panti Asuhan pada, Senin (13/8) dan Jambore PKK selama tiga hari.

Selanjutnya Kecamatan Belakang Padang akan menggelar lomba sampan layar pada Jumat (17/8) di Lang-Iang Laut Belakang padang. Kecamatan Galang membuat acara pesta anak pulau pada Minggu (19/8) di Sembulang. Pawai Pembangunan akan laksanakan pada Sabtu (18/8) oleh Setdako Batam dan Kecamatan Lubuk Baja berpusat di Jalan Jenderal Sudirman atau di depan BIP Plaza.

Kecamatan Batuaji pada Minggu (19/8) akan menggelar acara senam sehat dan jalan santai, dihari yang sama akan digelar jalan santai di Kecamatan Sagulung.

Kecamatan Sei Beduk akan mengadakan acara Fun Bike di Lapangan Bola Usman Harun pada Sabtu (25/8). Kecamatan Batam Kota akan menggelarjalan santai dan senam pada Minggu (2/8).

Kecamatan Sekupang menyelenggarakan pesta anak pantai dan jalan santai, kecamatan Nongsa mengadakan pesta rakyat, kecamatan Bengkong menggelar Smilling Morning dan Kecamatan Batuampar menggelar Lomba Marathon Batu Ampar 10K.

Untuk gerak jalan, Kadis Pemuda dan Olahraga Kota Batam, Hendriana Gustini mengungkapkan, lomba gerak jalan beregu digelar untuk 5 Km, 8 Km dan 17 Km di depan Edukits.

Kategori 5 kilometer untuk peserta pelajar SD putera dan puteri, PGRI puteri, PKK, Dharma Wanita, perbankan, asuransi, perhotelan, dan masyarakat umum puteri.

Sementara kategori 8 kilometer untuk peserta pelajar SMP putera dan puteri, SMA/SMK/MA puteri, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Batam dan BUMN putera puteri, masyarakat umum dan perhotelan putera, serta mahasiswi.

Dan kategori 17 kilometer dilaksanakan untuk peserta dari pelajar SMA/SMK/MA putera, mahasiswa, organisasi kepemudaan, organisasi kemasyarakatan, instansi putera, TNI, dan Polri.

”Total hadiah masih sama seperti tahun lalu Rp224 juta. Pendaftaran dibuka 23 Juli-8 Agustus pukul 08.00-15.00 di Gedung Pemuda Hang Jebat Jalan Jenderal Sudirman samping SPBU Sukajadi,” imbuhnya.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here