Pemko Gelar Musrenbang RPJMD

0
130
Hj Rahma mengambil sekapur sirih di acara pembukaan Musrenbang RPJMD, kemarin. f-istimewa

TANJUNGPINANG- Pemerintah Kota Tanjungpinang akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tanjungpinang. Ia akan berkoordinasi dengan Pemprov Kepri untuk meningkatn event. Kemudian, menambah objek-objek objek wisata di Tanjungpinang.

Sesuai data yang ada, bahwa kunjungan wisata sangat meningkat pesat dari tahun ke tahun. Di tahun 2017 kunjungan wisata sudah mencapai 343.657 jiwa, dengan rata rata pertumbuhan kunjungan wisata mencapai sebesar 20,38 persen.

Untuk perkembangan Indeks Pembangunan Manusia (IPM )Kota Tanjungpinang dari tahun 2012 hingga 2017 terus mengalami kanaikan, yaitu pada tahun 2012 sebesar 75,91 dan pada tahun 2016 meningkat menjadi sebesar 78,00.

Hal ini terungkap saat Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Bappelitbang Kota Tanjungpinang melaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJMD) Kota Tanjungpinang Tahun 2018-2023 di Aula Lantai 3 Kantor Walikota Tanjungpinang, Rabu (19/12).

Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, menyampaikan dalam sambutannya bahwa Musrenbang ini merupakan satu rangkaian dalam proses penyusunan RPJMD 2018-2023, periode kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang periode 2018-2023.

”Musrenbang ini merupakan acuan dasar kami dalam melaksanakan program-program pembangunan selama 5 tahun ke depan agar terlaksana dengan baik, untuk itu saya memberikan apresiasi kepada Bappelitbang Kota Tanjungpinang sebagai koordinator dalam penyusunan dokumen RPJMD Kota Tanjungpinang tahun 2018-2023,” ujar Rahma

Sehubungan dengan hal ini, Rahma juga mengatakan pelaksanaan Musrenbang RPJMD Kota Tanjungpinang tahun 2018-2023 adalah merupakan agenda strategis dalam merumuskan dan menerjemahkan visi dan misi kepala daerah dalam tujuan, sasaran, strategi, dan kebijakan serta program prioritas yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu 5 tahun kedepan. Selanjutnya RPJMD akan dijabarkan kedalam dokumen rencana strategis perangkat perangkat daerah yang berlaku 5 tahunan.

Dan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) berlaku 1 tahun sebagai acuan untuk dilaksanakan secara konsisten, selaras dan sesuai dengan target yang ditetapkan.

”Saya berharap kepada para peserta Musrenbang pada hari ini, agar dapat mencermati setiap makna yang tersirat dalam visi dan misi kepala daerah dan tentunya dapat menerjemahkannya ke dalam rangkaian program jangka menengah 5 tahunan dalam mencapai target yang telah ditetapkan,” ujanrya.

Ia juga mengatakan, dapat disepakati berbagai target, program, kegiatan serta pembiayaan yang realistis dan terukur berdasarkan data yang ada, masukan-masukan yang disampaikan oleh seluruh pemangku kepentingan dalam musyawarah ini merupakan masukan yang berharga untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan kinerja dalam pelaksanaan kegiatan pemerintah, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat diwaktu yang akan datang.

Sementara itu, SurjadiKepala Bappelitbang Kota Tanjungpinang mengatakan Musrenbang RPJMD ini adalah sebagai forum antar pemangku kepentingan atau stakeholder pembangunan dikota Tanjungpinang, dalam rangka memberikan pemikiran, saran, pendapat, dan masukan untuk menentukan program prioritas kota Tanjungpinang 5 tahun kedepan. (dri/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here