Pemko Harus Siapkan Program Beasiswa

0
404
ANGGOTA Komisi I DPRD Tanjungpinang Simon Awantoko bersama siswa SDN 004 Tanjungpinang. F-ISTIMEWA

Dewan Minta Beri Motivasi untuk Siswa

Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Simon Awantoko menuturkan, beasiswa bagi yang berprestasi dan tidak mampu harus diberikan. Jika memungkinkan, termasuk untuk siswa SMA meski bukan kewenangan Pemko Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Ini sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat. Harus diwujudkan dengan memberikan bantuan yang bersentuhan langsung ke masyarakat.

Ia menilai, di masa pemerintahan H Syahrul dan Rahma persoalan pendidikan termasuk beasiswa akan diperhatikan.

”Bila tidak direalisasikan, saya yakin masyarakat akan kecewa. Ini salah satu upaya membantu warga yang bersentuhan langsung,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Simon menuturkan, jangan sampai sama sepetti empat tahun lalu, tidak ada alokasi anggaran beasiswa. Akibatnya, anak-anak yang tak mampu merasa sulit melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA.

”Kalau siswa SD dan SMP kan tidak ada biaya sekolah. Pemerintah perlu fokus bantu anak Tanjungpinang yang menempuh pendidikan di SMA seserajat. Meskipun kini kewenangannya sudah dialihkan ke provinsi bukan tak mungkin daerah membantu,” tuturnya.

Terkait anggarannya, menurutnya tidak besar. Setidaknya kisaran Rp500 sampai dengan Rp1 miliar tergantung dari kebutuhan.

Simon menuturkan, bantuan dari pusat untuk siswa SMA sederajat juga ada, daerah mungkin meng-cover yang tak terdata ke pusat.

”Jadi daerah tak besar lagi ke luar dananya, karena program pusat bantuan bagi siswa tak mampu juga ada. Harus kita akui bersama bahwa tidak semua yang tak mampu menerima,” ucapnya.

Ia menuturkan, anggota DPRD tidak pernah mencoret anggaran beasiswa jika diajukan. Hal ini, sebagai upaya mendukung kemajuan pendidikan.

”Untuk merealisasikan itu memang butuh pengorbanan anggaran, tidak bisa bicara kemajuan pendidikan hanya keinginan tetapi harus ada tindakan nyata melalui program-program yang bagus. Termasuk harus memotivasi siswa dengan memberi beasiswa,” katanya.(DESI LIZA PURBA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here