Pemko Ingin Pulau Basing Jadi Ikon Baru Pariwisata

0
1052
MISTERI TUKUL : Tukul Arwana bersama tim Misteri Tukul Jalan-jalan di Pulau Basing, Tanjungpinang, dua tahun lalu.F-ISTIMEWA/DISPARBU TANJUNGPINANG

Pernah Dikunjungi Tukul Arwana  

TANJUNGPINANG – Tahun 2017 ini, Pemko Tanjungpinang berencana akan mengelola Pulau Basing sebagai kawasan wisata baru di Ibu Kota Provinsi Kepri. Lokasi Pulau Basing jaraknya tak jauh dari Tanjungsiambang, Dompak.

Lokasi ini pernah di datangi Tukul Arwana dalam program Mister Tukul Jalan-jalan. Isi Pulau Basing pantainya indah juga ditemukan penjara zaman Belanda. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Surjadi, kemarin.

”Intinya yang menjadi perhatian kita bersama, Pulau Basing ini perlu dilakukan kajian oleh pakar budaya atau semacam ilmuan,” jelas Surjadi
Mantan Kadinsos Tanjungpinang itu, menceritakan bahwa harapan baru Pemko Tanjungpinang untuk menjadikan Pulau Basing sebagai kawasan wisata baru sangat serius.

Baca Juga :  Bawaslu Ajak RT/RW Awasi Money Politik

Hanya saja pihaknya masih harus memikirkan dari segi transportasi laut untuk penyeberangan, bahkan yang tak kalah penting lainnya ada pihak yang bisa menjelaskan tentang sejarah pulau tersebut. ”Kalau soal pasir pantai yang bersih itu modal lainnya juga, namun yang terpenting kita harus melakukan kajian terkait sejarah akan pulau itu,” terangnya

Ketika sudah selesai dilakukan kajian, maka siapa pun pengunjung yang datang mereka dapat merasakan manfaatnya setelah berkunjung ke situ. ”Jangan nanti setelah berkunjung, lantas sia-sia tak dapat apa-apa,” tambahnya. Nah hal ini salah satu yang bincang Sekda Riono selain membahas masalah pembebasan lahan serta regulasi tujuan ke sana.

Baca Juga :  Terampil Menjahit, Gerakkan Perekonomian

”Rencana kita akan mengelola satu pulau itu,” tambahnya. ”Kajian itu salah satu, membatasi agar ke depan kita yang mengelola dan berkunjung perlu kehati-hatian, supaya tidak ada situs yang sengaja dirusak,” bebernya. Karena selama ini orang awam tahunya, pulau itu ada benteng bersejarah. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here