Pemko Izinkan PKL Bikin Kios

0
855
Kios pedagang: Sejumlah pedagang kaki lima membagun kios jualan di sisi jalan di sepanjang jalan raya Batu 10 menuju Tanjunguban. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kini para Pedagang Kaki Lima (PKL) menjamur berjualan di kawasan Batu 10 tepatnya di pinggir jalan raya menuju Tanjungpinanguban. Ada pedagang makanan seperti gorengan dan minuman hingga tambal ban sepeda motor maupun sepeda.

Terlihat para PKL yang membuat tempat usaha dari terpal atau membawa gerobak. ”Saya sudah lumayan lama berjualan di sini,” kata pria yang enggan namanya disebutkan, Kamis (14/9).

Ia berjualan makanan ringan dan mengaku, bahwa pemerintah dalam hal ini Pemko Tanjungpinang bersama Satpol PP sudah memberikan izin kepada ia serta pedagang lainnya. Bahkan, sekitar dua pekan yang lalu, Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah didampingi Anggota Satpol PP turun dan menghampiri mereka, yang sedang berjualan. ”Beliau kasih kok kita jualan di sini. Hanya saja, pesan beliau untuk menjaga kebersihan dan ketertiban saja,” singkat dia sambil melayani pembeli.

Hal ini dibenarkan Kasatpol PP Kota Tanjungpinang, Efendy. Saat itu, ia bersama anggota Satpol PP Kota Tanjungpinang mendampingi Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah turun ke lapangan hingga berjumpa langsung dengan PKL tersebut.

Hal ini bertolak belakang pada 2014 lalu, Lis Darmansyah meminta PKL di pinggir jalan ditertibkan. Dengan alasannya menjaga Kebersihaan, Keindahan dan Ketertiban. Hal ini sempat dikeluhkan. Kini, H Lis Darmansyah berpesan hingga meminta kepada para pedagang untuk menjaga kebersihan di lingkungan tempatnya berjualan. ”Intinya jangan sampai kotor. Kalau ada sampah langsung dibersihkan,” kata Efendy.

Selain jaga kebersihan lingkungan, kata dia, H Lis Darmansyah juga berpesan kepada pedagang untuk menjaga ketertiban umum. Supaya jangan sampai dengan keberadaan pedagang berjualan mengganggu lalu lintas kendaraan yang melintasi di sepanjang jalan Raya Uban Tanjungpinang. ”Jangan sampai membuat macet saja. Meskipun Pak Lis Darmansyah mengizinkan berjualan tetap menjaga kebersihan dan ketertiban,” ucap dia.

Dengan diizinkan, ia meminta kepada para pedagang untuk menjaga amanah yang pernah disampaikan Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah. Kalau tidak bisa menjaga amanah tersebut, ia tidak akan segan-segan untuk melakukan tindakan. ”Saya yakin pedagang kita mengerti, apa yang dimaskud Pak Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah, kemarin. Jaga keindahan kota kita bersama-sama. Jangan dikotori dengan sampah yang berserakan,” sebut dia menjelaskan.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here