Pemko Kebanyakan Seremonial

0
119
Riono

Pembangunan fisik yang dialokasikan melalui APBD Pemko Tanjungpinang belum satupun dikerjakan. Kegiatan yang sudah dikerjakan mayoritas bersifat serimonial, yang tidak langsung bersentuhan dengan masyarakat banyak.

TANJUNGPINANG – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tanjungpinang tahun ini sebesar Rp817,22 miliar. Bila proyek dikerjakan lebih awal maka perputaran ekonomi di Tanjungpinang pasti ikut tumbuh.

Ada enam proyek fisik yang akan dikerjakan pakai APBD KotaTanjungpinang. Dari ribuan proyek baru enam paket pembangunan yang sudah dilelang. Yakni, satu paket proyek seminisasi jalan, dan lima paket pengaspalan jalan. Satu paket pembangunan jalan semenisasi dikerjakan di Jalan Gatra. Lima pengaspalan jalan akan dikerjakan di Jalan Sei Jari Dompak, jalan belakang Kantor Gubernur lama, Jalan Air Ratu Kelurahan Air Raja, Jalan Lembah Merapti 2, dan Jalan Rawasari. Untuk pengaspalan jalan di lima jalan akan menelan anggaran sekitar Rp15,5 miliar.

Tahun ini juga ada tiga paket SPAM dikerjakan dari dana APBN. Satu dikerjakan di daerah Kampung Bulang, Sei Jang dan Kijang Kencana. Setiap pembangunan SPAM berbeda-beda. Seperti pembangunan SPAM di daerah Kampung Bulang akan menelan anggaran sebesar Rp 1, 5 miliar.

Sedangkan pembangunan SPAM di Sei Jang hanya menelan anggaran sekitar Rp 1,4 miliar. Kalau pembangunan SPAM di daerah Kijang Kencana hanya sekitar Rp 1 miliar. ”Tiga paket SPAM ini sudah selesai lelang. Ya, mudah-mudahan bulan Mei ini sudah bisa mulai dikerjakan,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruangan Hendri, kemarin. Sambung dia, dana untuk paket seminisasi jalan sekitar Rp 300 juta. Sedangkan pekerjaan jalan senimasi, itupun tidak dilelang karena anggaranya kurang dari Rp200 juta. Sementara itu, Sekda Riono, penyerapan anggaran masih sekitar 40 persen.

”Masih batas wajar. Karena masing-masing OPD terbilang baru menerima Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Kalau keungan cukup rendah. Mungkin persyaratan yang belum dilengkapi para OPD itu. Ini kita minta perlu ditingkatkan lagi,” sebut dia. (ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here