Pemko Kejar Pusat Selesaikan Pasar Induk Jodoh

0
425
Pasar Induk Batam yang sedang diusahakan dibangun kembali oleh pemerintah.f-istimewa

BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam, melakukan upaya untuk menyelesaikan rencana pembangunan atau revitalisasi Pasar Induk Jodoh. Saat ini, pihaknya melakukan lobi-lobi dengan pemerintah pusat. Diharapkan, tahun 2020 mendatang, revitalisasi Pasar Induk Jodoh, dilakukan.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Senin (24/6) mengatakan, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Batam, Gustian Riau. Dia didampingi Kabid Pasar Batam, Zulkarnain sedang di Jakarta. Mereka ditugaskan untuk menindaklanjuti permintaan Batam atas revitalisasi Pasar Induk.

”Sekarang Pak Gustian dan Pak Zulkarnain ke Jakarta untuk menindaklanjuti ke Jakarta,” katanya.

Baca Juga :  Senyum Turis Itu Sudah Mengembang

Diakui, sejauh ini Pemko Batam sudah meminta rekomendasi kepada Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, melalui Kadisperindag Kepri, Burhanudin. Sehingga, bisa dikeluarkan rekomendasi dan saat ini sudah selesai, untuk dilanjutkan ke pemerintah pusat.

”Kita harapkan, tahun ini proses mulai dan dilanjutkan tahun ini. Tapi anggaran tahun ini sudah lewat, jadi mudah-mudahan 2020 nanti,” harapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Batam, HM Rudi, mengungkapkan jika rencana revitalisasi pasar induk Jodoh, mengharapkan pemerintah pusat. Pasar induk akan revitalisasi pasar induk dilakukan dengan pembangunan menjadi lima lantai. Luas lahan 15.404 M2 dengan kapasitas 2.460 unit lapak, kios, ruko dan pergudangan dan juga tersedia gedung parkir dan fasilitas lainnya.

Baca Juga :  Batam, Bintan, Tanjungpinang dan Karimun WTP

Rencana awal tahun 2018 lalu, tahap awal pembangunan, pemerintah pusat akan membantu dengan dana Rp 7 miliar. Pembangunan pasar ini akan mengacu pada detailed engineering design (DED) yang dibuat Pemerintah Kota Batam. Desain ini dibuat dengan menggunakan APBD, di luar dana pusat.

Konsep pembangunannya, kata Rudi, akan seperti Pasar Klewer di Solo, Jawa Tengah. Dengan lahan seluas 1,5 hektare, akan dibangun pasar lima lantai.

Dan diproyeksikan dapat menampung hingga 2.200 pedagang. Sebelum pembangunan dimulai, akan dilakukan terlebih dulu relokasi pedagang. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here