Pemko Minta BP Serahkan Pasar Induk

0
717
Pasar: Pasar Induk Jodoh akan mengikuti jejak pasar Sambi, Boyolali, Jawa Tengah ini yang dapat dana revitalisasi dari APBN. F-internet/satpres

Berharap Renovasi Pakai APBN

Batam – Permintaan pemerintah Kota Batam agar Pasar Induk Jodoh diserahkan Badan Pengusahaan (BP) Batam ke Pemko akhirnya disetujui BP Batam. Namun, realisasinya masih menunggu Menteri Keuangan (Menkeu) sebagai pemilik lahan.

Setelah itu, Pemko Batam akan melakukan pembangunan pasar dengan mengganti gedung saat ini, dengan meminta bantuan pemerintah pusat melalui anggaran pendapatan belanja negara (APBN).

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Senin (13/3) mengatakan, untuk serah terima, BP sedang membicarakan di kementerian.

”Kalau tidak salah, ada juga Dirjen Perbendaharaan Negara saat menyepakati serah terima itu. Kami sekarang sudah bisa merencanakan pembangunan,” kata Amsakar.

Hanya saja diakui, pihaknya masih akan meminta surat dari Menteri Koordinator Perekonomian. Pihaknya meminta minggu ini akan mengirim tim ke Jakarta untuk bertemu pihak Menkoekuin.

”Kalau besok atau lusa, tim kita suruh ke Menko Perekonomian. Kita harap, sekurang-kurangnya kita mendapat surat ke Menko,” harap Rudi.

Namun pada prinsipnya, BP Batam diakui sudah menyampaikan siap memberikan aset itu ke Pemko Batam.

”Mesti ada keetrangan resmi Hitam di atas putihnya. Jadi sekurang-kurangya kita punya surat dari Menko. Kita akan siapkan angka untuk pembangunan,” ulang Amsakar.

Di sisi lain, Amsakar mengatakan pegawai Pemko Batam sudah diberangkatkan ke Solo, untuk belajar terkait pembangunan dan pengelolaan pasar. ”Sudah kita suruh belajar ke pasar di solo untuk survey pembangunan pasar Klewer.(Martua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here