Pemko Mulai Salurkan Dana Tunda Bayar Proyek 2017

0
519
Amsakar Achmad

BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam mulai menyalurkan pembayaran proyek tahun 2017 atau tunda bayar. Dimana, dari sekitar Rp70 miliar, sekitar Rp10 miliar sudah dibayarkan. Sisanya sekitar Rp60 miliar, akan dibayarkan bulan ini, hingga paling lambat Mei 2018 mendatang. Walau pembayaran utang itu dilakukan, namun diakui tidak mengganggu program Pemko 2017.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Senin (5/2) di Batam. Sementara untuk pembayaran selanjutnya setelah pembayaran sekitar 10 miliar, diakui dilakukan verifikasi di inspektorat. ”Tinggal angkanya Rp60 miliar. Penjabaran APBD sudah disiapkan keuangan. Yang tunda salur ada di Dinas Lingkungan Hidup, Bina Marga, PUPR dan Cipta Karya,” jelasnya.

Diakui, tekad mereka bisa menyelesaikan utang-utang itu, pada Maret atau April 2018. Namun paling lambat akan dibayarkan, Mei 2018. ”Tapi kegiatan 2018 tidak akan terganggu. Untuk program tahun ini, seharusnya sudah mulai masuk dokumennya. Lelang 2018 tidak bersinggungan dengan pembayaran tunda bayar,” sambungnya.

Menurutnya, pembayaran tunda bayar tidak akan mengganggu belanja tahun 2018, karena efisiensi untuk membayar tunda bayar, tidak bersinggungan dengan belanja publik. Pembayaran diambil dari rencana program yang diefisiensikan, seperti belanja pakaian dinas, perjalanan dinas dan belanja rapat. ”Itu yang kita geser dan efisiensi untuk membayar. Kalau ada pelebaran jalan, tidak terpengaruh dengan terganggu pembayarannya,” beber Amsakar.

Ditanya tunda salur dari Pemerintah Provinsi Kepri, Amsakar mengakui tidak masalah. Alasannya, penyaluran yang triwulan IV tahun 2017, dibayarkan semester I tahun 2018. ”Kita sudah konfirmasi ke Gubernur dan Biro Keuangan di provinsi. Memang ketentuannya, yang semester IV dibayar di triwulan I tahun berikutnya. Ketentuannya memang sudah demikian,” imbuhnya.(mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here