Pemko Musnahkan 53.390 KTP Invalid

0
147
Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad memusnahkan KTP di Batam kemarin bersama unsur pemerintah lainnya. f-istimewa/humas pemko batam
Pemerintah Kota Batam, melakukan pemusnahan KTP-el yang rusak atau invalid. Jumlah KTP yang dimusnakan, sekitar 50.390 lembar. Pemusnahan itu dilakukan sesuai dengan intruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri), agar tidak disalahgunakan.

BATAM – Terlebih, tahun 2019 mendatang, akan berlangsung pemilu dan pilpres.

Pemusnahan dilakukan, Kamis (20/12) di Sekupang, Batam. Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Said Khaidar, sebelum dilakukan pemusnahan, KTP rusak itu sudah digunting di kantor camat. Sehingga tidak sampai ada yang menyalahgunakan.

”Kita musnahkan sekitar 50.390 keping KTP rusak. Sebelumnya telah dilakukan pengguntingan di tingkat kecamatan,” kata Said.

Di tempat sama, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengatakan jika kegiatan ini instruksi langsung Mendagri. Sehingga tidak menimbulkan persepsi penyalahgunaan KTP invalid ini. ”Memang ini momen rawan di tahun politik,” ungkap Amsakar.

Diakui, rencana pemusnahan dilakukan beberapa hari lalu. Namun karena kesibukan, di antaranya dalam rangka hari jadi Batam, maka tertunda. Wali Kota Batam, HM Rudi diakui, langsung menginstruksikan agar dimusnahkan sesuai intruksi pusat.

”Karena ada instruksi dimusnahkan, maka bisa langsung dilakukan. Seyogyanya ini dilakukan beberapa hari sebelumnya, tapi baru bisa dilakukan hari ini. Jangan dihubungkan dengan persepsi macam-macam,” tegas Amsakar.

Sebelumnya, Said mengatakan, pemusnahan KTP yang rusak atau invalid ini berdasarkan surat edaran Kementrian Dalam Negeri Nomor:470.131/11176/SJ. Sebelum pemusnahan, dilakukan pencatatan. Kemudian dilakukan pengecekan terhadap KTP-el rusak atau invalid hasil pencetakan massal tahun 2011-2013 yang ada di kelurahan, kecamatan dan kabupaten/kota.

Apabila masih ditemukan KTP-el rusak atau invalid, dilakukan pencatatan dan segera dimusnahkan dengan cara dibakar. Selanjutnya membuat berita acara pemusnahan pada setiap proses pemusnahan. Surat Edaran itu memerintahkan agar melakukan langkah-langkah pengamanan terhadap tempat-tempat penyimpanan atau gudang penyimpanan Negara agar terhindar dari pencurian dan penyalahgunaan dokumen negara.

KTP inivalid ini dikumpulkan dari tahun 2011 hingga 2018. Selama proses pencetakan berlangsung kadang terjadi kesalahan atau eror sehingga KTP el tercetak dengan tidak sempurna, sehingga tidak bisa digunakan dan harus dicetak ulang. Sedangkan yang Iain berasal dari proses pergantian e-KTP misalnya ganti status, pindah alamat dan yang rusak karena berbagai faktor.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here