Pemko Siapkan Tiket Gratis Weekdays

0
411
Febrialin

BATAM – Dinas Parawisata Kota Batam, menyiapkan langkah konkrit dalam mendorong peningkatan wisatawan mancanegara ke Batam. Salah satu langkah yang disiapkan, promosi parawisata melalui tiket gratis ke wilayah Kepri saat akhir pekan.

Hal itu disampaikan Kadis Pariwisata Kota Batam, Febrialin, Sabtu (11/2) di Batam. Katanya, langkah itu untuk promosi Pariwisata Batam dalam mengejar target wisman ke kota industri ini.

”Sebagai bentuk upaya promosi, akan ada free tiket nanti untuk kunjungan ke wilayah Kepri dan Batam di weekdays,” kata Febrialin.

Menurutnya, kebijakan itu sebagai upaya peningkatan length of stay wisman di Batam. Kalau sekarangkan rata-rata lenght of stay cuma 1,9 hari.

”Dengan ini kita harapkan bertambah length of stay-nya,” tutur dia.

Disampaikan, sesuai arahan wali kota Batam, Rudi pada pidato dalam apel perdananya, sektor pariwisata Batam memang menjadi perhatian. Karena dianggap sektor ini menjadi penyumbang PAD yang cukup signifikan.

”Kita ingin mendongkrak parawisata, karena sekitar 18,7 persen PAD kita sekarang memang bersumber dari usaha kepariwisataan,” jelasnya.

Pendapatan itu diakui, diterima dari hotel, restoran, dan jasa hiburan. Tahun ini kalau Kepri ditargetkan kunjungan wismannya 2,5 juta, Batam sesuai RPJMD diharapkan mampu menyumbang sekitar 1,7 jutanya.

”Kita juga sudah melakukan sosialisasi event-event tahunan. Sosialisasi tersebut diberikan kepada para operator ferry, tour and travel, ASITA, dan pelaku kepariwisataan lainnya,” imbuhnya.

Mereka juga sudah menggelar pertemuan dengan HPI dan ASITA, serta pramuwisata.Termasuk juga 50 orang pramuwisata dari Singapura. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here