Pemko Siapkan WC Umum di Kampung Tua

0
382
HM Rudi SE,MM

BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam berupaya untuk meningkatkan kunjungan wisman di Batam. Daerah potensial untuk parawisata didorong untuk maju. Termasuk Kampung Tua di pinggiran laut di Batam untuk menjadi homestay. Namun sebelum itu, perlu pembenahan, termasuk WC.

Wali Kota Batam, HM Rudi mengatakan, untuk Kampung Tua, pihaknya akan membangun WC umum. ”Kampung Tua, akan ditata semua, habis Tanjung Riau, akan kita selesaikan yang lainnya. Yang memiliki rumah panggung, sanitasi diperhatikan, jangan seperti dulu lagi. Dari rumah, (buang air) jangan langsung ke laut,” kata Rudi.

Karena itu, Rudi menyiapkan rencana untuk menyiapkan pembangunan WC umum di Kampung Tua. Sehingga, kebersihan kampung lebih bersih. ”Jadi kita akan buatkan WC umum. Kita jaga kebersihan. Sehingga kebersihan bisa menarik wisatawan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pemko Batam Buka Lowongan Honor

Di tempat berbeda, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Rosmaya Hadi juga mendorong peningkatan kebersihan dalam mendorong peningkatan sektor parawisata. Selain itu, perlu ditingkatkan, atraksi. ”Atraksi harus ditingkatkan. Selain itu, kebersihan diperhatikan. Harus bersih. Selain itu, penting dilakukan promosi,” saran Rosmaya.

BI diakui bisa mendorong perkembangan parawisata di Kepri juga. Salah satunya, mendorong pengembangan pariwisata di Kampung Vietnam, Anambas dan Bintan. ”Kita harus berkomitmen mendorong sektor riil. Banyak yang tidak berkembang, bisa didorong. Bagaimana mendorong long stay,” imbuhnya.

Baca Juga :  Rudi Minta Santri di Batam Jaga Perdamaian

Sebelumnya, Kadis Parawisata Batam, Ardiwinata mengatakan pihaknya mendorong, pembinaan terhadap warga yang rumahnya disiapkan sebagai homestay. Daerah yang disiapkan, lebih di pinggir pantai. Pilihannya antara Ngenang, Nongsa, Tanjunguma dan Belakang Padang.

Penentuan lokasi homestay, diakui ada kriteria yang ditentukan. Seperti daerah yang mulai berkembang. Sehingga menarik bagi wisman. Rumah yang akan dijadikan homestay, harus bersih, hijau dan aman. Sehingga tidak menggangu citra Batam sebagai daerah pariwisata.

Sementara untuk tenaga pendamping diprogram homestay, diakui akan dipilih dari masyarakat setempat. Selain pemberdayaan ekonomi masyarakat, juga untuk pemberdayaan masyarakat setempat. ”Jadi kita akan pilih dari tenaga masyarakat setempat,” sambungnya.

Baca Juga :  Rudi Perintahkan Ani Rombak Kabinet RSUD

Kampung Tua yang dicanangkan Pemko Batam sebagai daerah parawisata, dapat dimasuki bus-bus parawisata. Untuk itu, Pemko Batam meminta dukungan warga kampung tua, jalannya dilebarkan. Wali Kota Batam, HM Rudi mengatakan, semua Kampung Tua akan ditata. Namun dia memberikan sinyal, penataan dimulai dari Kampung Tua, Tanjung Uma dan Tanjung Riau. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here