Pemko Tambah Lima Bak Kontainer Sampah

0
36
Kendaraan melintas di samping bak sampah yang ada di pinggir jalan raya milik pemerintah daerah. f-andri/tanjungpinang pos
Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman Kebersihan dan Pertamanan (Disperkim) Kota Tanjungpinang menambah sebanyak lima bak kontainer sampah. Saat ini dalam proses lelang.

TANJUNGPINANG – Tujuannya, agar kota tetap bersih dari sampah berserakan.

”Kita usulkan 10 bak kontainer sampah. Tapi, yang di setujui hanya lima bak kontainer sampah tahun 2019 ini mengunakan dana APBD,” kata Anik Kisdayani, Kepala Bidang (Kabid) Sarana Prasarana Disperkim Kota Tanjungpinang kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (12/3).

Menurutnya, pembuatan lima bak kontainer sampah akan menghabiskan uang di atas Rp200 jutaan. Uang yang digunakan Disperkim Kota Tanjungpinang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemko Tanjungpinang 2019 ini.

Saat ini, pihaknya sedang mempersiapkan dokumen kebutuhan untuk pembuatan lima bak kontainer sampah. Pasalnya, pembuatan bak kontainer sampah melalui proses lelang.

”Setelah berkasnya lengkap, baru kita masukin proses lelang. Siapa saja boleh memasukin penawaran saat lelang nanti,” ucap dia.

Anik menambahkan, lima bak kontainer sampah nanti bakal diperuntuhkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat membuang sampah pada tempatnya di Kota Tanjungpinang.

Baik itu bak kontainer sampah diperuntuhkan di wilayah Tanjungpinang Timur, Bukit Bestari, Tanjungpinang Kota maupun Tanjungpinang Barat.

Hanya saja, sampai sekarang keterbatasan penyediaan lahan untuk meletakkan bak kontainer sampah. Karena tidak ada masyarakat yang mau memberikan lahan untuk diletakkan bak kontainer sampah.

”Kita mau penuhi permintaan masyarakat terhadap bak kontainer sampah. Tapi, kita inginkan tidak ada permasalahan lahan untuk diletakkan bak kontainer sampah itu,” terang dia.

Selain lahan, pihaknya masih keterbatasan petugas untuk jaga bak kontainer sampah. Saat ini, pihaknya hanya memiliki sebanyak 25 petugas jaga bak kontainer sampah. Sementara, pihaknya memiliki 55 bak kontainer sampah. Bak kontainer sampah diletakkan secara merata di Kota Tanjungpinang.

Ada diletakkan bak kontainer sampah di lingkungan perumahan sampai dengan jalan protokol. Karena idealnya, setiap ada bak sampah, ada satu petugas yang jaga bak kontainer sampah.

Sehingga tidak ada sampah yang berserakan diluar bak kontainer sampah. ”Tahu sendirilah, masyarakat main campak sampah begitu saja. Padahal, kita (pemerintah, red) sudah menyediakan bak kontainer sampah. Ya, apa salahnya berhenti sebentar, lalu buang sampah ke dalam bak kontainer itu. Faktanya main campak saja sampahnya,” sebutnya.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here