Pemko Targetkan Kunjungan Wisman Capai 3 Juta

0
627

BATAM – Wali Kota Batam, HM Rudi menargetkan peningkatan target wisatawan macanegara di Batam, dua kali dari tahun ini. Jika tahun ini target masih sekitar 1,5 juta sampai 2 juta orang, tahun 2019 mendatang target dua kali lipat jadi 3 juta. Pemko Batam optimis bisa mencapai target itu, dengan pembenahan infrastruktur yang dilakukan saat ini.

Optimisme itu disampaikan Rudi di Batam, Jumat (15/9) di Batam. Diakui, pihaknya saat ini lebih mendorong Batam sebagai daerah pariwisata. Sehingga peningkatan infrastruktur terus dilakukan. Dengan infrastruktur yang baik, Batam akan lebih ramai kedepan. ”Kita siapkan ini, karena tahun 2019, pariwisata kita sudah mulai berubah. Kita tahun 2019 menargetkan 3 juta kunjungan wisaman dari 1,5 juta saat ini,” kata Rudi optimis.

Baca Juga :  Mahasiswa Meragukan Kualitas Pilkada di Kepri

Diakui, menjadikan Batam sebagai daerah parawisata merupakan jawaban atas kondisi industri yang diakui lesu. ”Ini salah satu jawaban. Kita tingkatkan jalan menjadi empat lajur semua. Seperti disini (Batam Centre), bisa jadi pusat kuliner juga. Sehingga dari Singapura ke sini. Satu tempat ada semua,” kata Rudi saat meresmikan Mc Donald di Batamcenter.

Hal senada juga disampaikan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat membuka Garuda Fair di Batam Centre. Menurutnya, saat ini sektor pariwisata menjadi sektor potensial di Batam. ”Saat ini, untuk menghidupkan kepariwisatan, kita membenahi infrastruktur,” katanya.

Baca Juga :  Elpiji 3 Kg Bakal Sulit Didapat

Saat ini, Kepala Dinas di lingkungan Pemko Batam, sudah ditekankan, untuk menyiapkan even-even yang akan dilakukan tahun depan, dalam meningkatkan wisman. Sehingga harapannya peningkatan wisman tahun depan udah mulai kelihatan. ”Bagaimana tahun depan bisa wisaman 2,5 juta dan tahun 2019 jadi 3 juta. Kami yakin, kedepan parawisata lah yang menyokong ekonomi Batam,” imbuhnya.

Sementara Kadis Pariwisata Batam, Pebrialin mengatakan, untuk mencapai target itu, pihaknya melibatkan semua pihak. Mulai akademisi, tour and travel, pengusaha perhotelan,restoran dan lainnya. ”Travel agent penting, karena mereka ujung tombak. Kita tingkatkan komunitas pariwisata. Seperti kelompok sadar wisata,” harapnya.

Baca Juga :  Pemko Tak Terapkan Upah Pungut

Mereka menyiapkan program lain, seperti aksi sapta pesona pariwisata. Dimana, aksi sapta pesona pariwisata dijalankan untuk mendorong Batam aman, tertib, bersih, ramah, indah dan sejuk. ”Kegiatannya mulai besok pagi. Kita gelar di Engku Putri dengan melibatkan Asita, PHRI, wisata pramuka da masyarakat, 300 pedagang dan lainnya,” imbuh Pebrialin. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here