Pemko Wacana Subsidi Pedagang Daging

0
538
Syahril sedang memotong daging sapi segar di Pasar Baru Tanjungpinang f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Setiap tahun menjelang Idul Fitri, harga daging sapi segar dan beku selalu naik di pasar. Persoalan klasik ini belum bisa diselesaikan Pemko Tanjungpinang.
Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Drs Raja Ariza menuturkan, Pemko sebenarnya berencana mensubsidi pedagang daging sapi segar saat Idul Fitri. Hanya saja belum tahu apakah itu diperbolehkan atau tidak secara aturan.

Dari hasil komunikasi mereka dengan pedagang, alasan menaikkan harga daging karena saat Idul Fitri nantinya jeroan atau isi perut sapi tidak akan laku. Menutupi kerugian itu, maka harga daging sapinya yang dinaikkan.

”Kita berencana kemarin mau kasih subsidi, terkait besarannya serta boleh atau tidaknya masih akan dibahas,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Senin (14/5).

Harga daging sapi saat ini sekitar Rp 140 ribu per kilo. Diprediksi saat Lebaran mencapai Rp 160 ribu per kilo. Sekda Kota Tanjungpinang, Riono juga menguatkan ada rencana mensubsidi pedagang sapi. Hanya saja, ini belum akan direalisasikan tahun ini.

”APBD kan sudah disahkan. Jadi belum bisa (subsidi, red) tahun ini. Tapi jika para pedagang mau dibayarkan di APBD Perubahan pun masih akan dibahas lagi regulasinya,” tuturnya.

Ia menilai, di satu sisi jadi dilema bagi pemerintah jika tidak mensubsidi. Harga daging naik karena pedagang merasa rugi jeroan atau isi perut sapi tak diminati pembeli. Bila disubsidi maka perlu ada payung hukum yang jelas. Jangan sampai nantinya menyalahi aturan yang berakibat kepada pedagang juga.

”Kita belum bisa pastikan apakah subsidi itu bisa atau tidak, sepertinya belum ada daerah lain yang menerapkannya. Kita masih pelajari,” tuturnya singkat.

Terkait ketersediaan bahan pokok atau sembako menjelang Ramadan dan Idul Fitri diyakini aman. Hal ini karena jalur transportasi laut aman.

”Selagi jalur transportasi laut aman, sembako kita akan aman. Para distributor menjadi ketersediaannya melalui hasil rapat dan komunikasi bersama kemarin,” tuturnya. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here