Pemondokan Juri MTQ Kepri Clear

0
428
MAHADI RAHMAN

LINGGA – Pemprov Kepri melalui Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) terus mematangkan persiapan menjelang pelaksaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VII Tingkat Provinsi Kepri yang akan digelar di Kabupaten Lingga.

Kabid Keagamaan Biro Kesra Pemprov Kepri yang juga Direktur Quran Center Batam Mahadi Rahman, mengatakan, beberapa hari lalu dirinya sudah ke Lingga untuk mencari hotel atau pemondokan bagi dewan juri.

Untuk dewan juri nanti, panitia mendatangkan sebagian juru nasional dan sebagian lagi juri dari Kepri. Sehingga penilaian nanti transparan dan berkelas nasional.

Soal transportasi kafilah dari masing-masing kabupaten/kota, Mahadi mengatakan, Pemkab dan Pemko kemungkinan akan menyewa kapal khusus antar jemput kafilahnya.

Banyak kapal di Kepri yang bisa disewa, sehingga ini tak begitu dikhawatirkan. Demikian juga transportasi di Lingga, semua sudah dipersiapkan pihak Pemkab Lingga.

Ditanya apakah penginapan atau hotel mencukupi di Dabo Singkep, Mahadi mengatakan, untuk saat ini masih mencukupi. Namun, bila pengunjung dari daerah membeludak, kemungkinan rumah penduduk bisa dimanfaatkan. ”Jadi persiapan kita sudah matang dan tinggal menjalankan saja. Untuk sementara, Pak Gubernur yang akan membukanya nanti,” jelasnya, kemarin.

Saat ini, masing-masing kabupaten/kota di Kepri sedang menggelar MTQ tingkat daerah dan sebagian sudah selesai. Para juara di MTQ kabupaten/kota dipilih menjadi wakil daerahnya di MTQ provinsi.

Sebagai tuan rumah, Wakil Bupati Lingga menargetkan, Lingga masuk tiga besar MTQ Kepri 2018 nanti. Salah satu strategi yang mereka lakukan yakni mempercepat seleksi di kabupaten dan memperpanjang waktu training center di Quran Center.

Perhelatan MTQ ke-VII Tingkat Provinsi Kepri akan berlangsung di Kecamatan Singkep Pesisir Lingga. Pelaksanaannya pada minggu pertama bulan Mei mendatang.

Sekdaprov Kepri H. TS. Arif Fadillah juga telah mematangkan persiapan dengan melakukan rapat koordinasi pelaksanaan kegiatan MTQ VII Tingkat Provinsi Kepri di Pulau Dompak, belum lama ini.

Rapat saat itu membahas rangkaian agenda yang telah direncanakan akan dilombakan selama perhelatan MTQ beserta pembagian jadwal lomba disertai penempatan lokasinya.

Selain itu juga dibahas terkait pendistribusian transportasi dan penginapan untuk para peserta yang disampaikan oleh panitia yakni tuan rumah Lingga. Di rencanakan MTQ akan berlangsung pada 2-9 Mei 2018 dipusatkan di Desa Lanjut, Kecamatan Pesisir. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here