Pemprov Bangun Pelabuhan dan Gudang

0
729
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun meninjau pembangunan dermaga Pelabuhan Pelantar II Tanjungpinang, Selasa (22/5). f-suhardi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Setelah melakukan peninjauan pembangunan lapangan sepak bola di Pulau Dompak, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun melanjutkan peninjauan pembangunan Pelabuhan Pelantar II Tanjungpinang untuk melihat sudah sejauh mana progres pengerjaan nya.

”Infrastruktur di bidang kelautan terus menjadi perhatian utama kita,” kata Nurdin.

Hal itu mengingat Kepri yang merupakan daerah kepulauan dengan 96 persen wilayah lautan maka akses seperti pelabuhan merupakan instrumen penting yang harus segera terpenuhi. ”Intinya untuk tercapainya kebutuhan masyarakat,” lanjut Nurdin.

Kebutuhan masyarakat tersebut adalah terciptanya pelabuhan penumpang yang dapat dimasuki kapal-kapal yang berbobot besar. Selain itu, mobilitas arus barang juga menjadi lancar dan lebih cepat dari sebelumnya karena akses Pelabuhan Pelantar II cenderung kecil dan sempit membuat rawan kemacetan.

”Nanti setelah dermaga pelabuhan di Pelantar I dan II selesai, kapal sebesar Bukit Raya dan Perintis bisa berlabuh menurunkan penumpang,” ujar Nurdin lagi. Pengembangan pelabuhan sendiri nantinya akan menyatukan Ielantar I dan II dengan panjang dermaga sepanjang 400 meter dan lebar 6 meter dijadwalkan akan siap di akhir tahun 2018 ini.

Adapun tingkat kesurutan air laut sedalam 3,5 meter dan mampu menempatkan kapal kapal besar untuk berlabuh baik kapal penumpang maupun barang. Dalam peninjauan tersebut Nurdin juga meninta kepada Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Kepri Jamhur Ismail dan Kepada Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Kepri, Abu Bakar untuk memperhatikan tata letak parkiran agar tidak terjadi kemacetan seperti sebelum-sebelumnya.

Selain pelabuhan yang akan dikembangkan nantinya juga terdapat gudang-gudang penyimpanan barang di dekat pelabuhan agar tidak lagi para penyortir barang menempatkan barang di ruko-ruko terdekat maka pemerintah akan menyediakan tempat penyimpanan tersebut.

”Selama pengerjaan pengembangan pelabuhan ini selama 4 bulan ke depan arus lalulintas pengerjaan pemindahan barang akan dialihkan ke Pelabuhan Tanjungunggat,” kata Jamhur menambahkan.

Pemprov Kepri membangun lima pelabuhan sejak tahun 2017 yakni memperbaiki Pelabuhan Penyengat. Pelabuhan barang di Karimun, pelabuhan barang di Tanjunguban Bintan, pelabuhan di Pulau Berhala, pelabuhan barang Pelantar I dan II Tanjungpinang serta memperbesar Pelabuhan Selat Lampa Natuna.

Pembangunan dilakukan dengan tahun jamak dan dilanjutkan hingga tahun ini. Nurdin ingin kapasitas pelabuhan di Kepri besar agar arus barang lancar dan kapal tidak perlu antre berlama-lama di laut menunggu giliran bongkar muat. (ais/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here